Yuk Ketahui Penyebab Radiator Vixion Bocor Dan Solusinya

oleh | 4 Okt 2020 | Artikel/News

Penyebab radiator Vixion bocor masih kerap kali diperguncingkan. Ya, memang radiator ini adalah komponen yang vital bagi sistem kerja mesin pada motor Vixion. Lantas apa penyebab sebenarnya, dan bagaimana solusinya. Simak terus artikel ini sampai bawah, maka Anda akan mendapatkan jawabannya.

penyebab radiator vixion bocor

Mengenal Radiator Vixion

Sebelum membahas penyebab, ada baiknya kita mengenal dulu apa yang akan kita bahas.

Cara Kerja Radiator Vixion

Cara kerja radiator pada motor Vixion adalah panas yang ditimbulkan oleh mesin motor yang bekerja diserap cairan atau radiator coolant lalu bersirkulasi pada jacket di silinder. Lalu cairan panas tadi disedot menuju radiator. Di sini air panas itu didistribusikan ke pipa-pipa kapiler kecil yang bersirip. Banyaknya sirip ini akan membantu proses pendinginan karena luasnya permukaan bidang yang terkena udara atau angin. Dengan demikian, air panas tadi lebih cepat turun suhunya dan diputar kembali alirannya kembali ke dalam mesin.

Peran Thermostat

Agar mesin motor tetap optimal, suhu mesin harus ada di sekitar 89-90°C. Untuk menjaga suhu tetap pada batasan itu maka terpasanglah thermostat, yang berfungsi untuk pembuka jalan air dingin masuk ke dalam mesin. Ketika mesin motor belum memerlukan air pendingin, maka thermostat akan mencegah air tadi masuk ke dalam mesin. Cara kerja seperti ini ditambah lagi dengan extra fan yang berfungsi membantu mempercepat proses pendinginan.

penyebab radiator vixion bocor

Penyebab Radiator Vixion Bocor

Dari fungsi dan cara kerja radiator di atas, jelas bahwa radiator memang sangat berperan penting dalam performa mesin. Masalah akan terjadi bila radiator ini mengalami kebocoran. Penyebab radiator Vixion bocor diantaranya adalah sebagai berikut :

Packing Head Menjadi Penyebab Radiator Vixion Bocor

Selain faktor usia, pemasangan kembali packing head yang tidak tepat setelah dilakukan pembongkaran untuk perbaikan, akan memperlancar air radiator masuk ke ruang bakar. Sehingga terjadi penguapan air radiator.

Tutup Radiator Menjadi Penyebab Radiator Vixion Bocor

Fungsi penutup radiator ini tidak hanya sebatas sebagai penutup saja. Ketika radiator tertutup maka akan ada tekanan dari air panas di dalamnya. Penutup dan karetnya ini juga sebagai penahan tekanan dari dalam. Bila karet ini retak halus maka air radiator akan keluar melalui celah-celahnya.

Selang Radiator

Selang ini sebagai tempat aliran atau sirkulasi cairan. Diawali dari retak yang halus atau adanya sobekan kecil pada selang bisa menjadi penyebab radiator Vixion bocor.

penyebab radiator vixion bocor

Seal Water Pump Menjadi Penyebab Radiator Vixion Bocor

Seal ini bisa aus juga karena banyak faktor. Tapi penyebab utamanya adalah masa pemakaian. Ketika kondisinya rusak, pecah atau retak maka air radiator akan masuk lewat seal ini dan akhirnya bercampur dengan oli mesin.

Hantaman Benda Keras

Posisi radiator yang menghadap depan dan berada agak ke bawah memang harus hati-hati dalam berkendara. Biasanya, tanpa kita sadari radiator bisa dihantam benda keras dari depan. Bisa berupa kerikil atau bebatuan yang terpental. Awalnya mungkin tidak kita rasakan langsung, karena bisa saja hanya berakibat retak rambut saja. Namun semakin lama bila dibiarkan akan membuat radiator bocor.

Masa Pakai

Radiator yang selalu menerima panas sangat rentan dengan korosi. Apalagi dengan posisi radiator yang menghadap langsung ke luar, yang bisa langsung terkena air hujan. Seiring dengan lamanya pemakaian maka radiator ini akan berkarat dan akhirnya bisa mengakibatkan kebocoran.

BACA JUGA : Harusnya Kamu Tahu Penyebab Rantai Vixion Putus

Solusi Dan Tips Radiator Vixion Bocor

Berikut ini solusi dan tips yang bisa Anda ikuti untuk Vixion Anda ;

penyebab radiator vixion bocor

  • Lakukan perawatan secara teratur terutama periksa volume air radiator
  • Radiator harus dalam kondisi bersih dengan rutin mencuci, terutama di sela-sela terkecilnya
  • Ganti air radiator dengan cairan khusus untuk radiator

Bila ada spare-part yang perlu diganti, pastikan bahwa spare-part itu adalah orisinil dari Yamaha. Periksa di sini apakah spare-part itu orisinil atau bukan.

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911