Ukuran Angin Ban NMax Dan Jenisnya Apa Sudah Benar

oleh | 1 Okt 2020 | Artikel/News

Ukuran angin ban NMax dan jenisnya apa sudah benar. Pertanyaan itu sering kita dengar ketika kita punya masalah dengan kaki motor NMax itu. Bahkan pernyataan itu adalah sebagai nasehat utama dan selalu yang pertama disampaikan. Lalu, berapa ukuran angin yang tepat, pakai jenis ban apa yang dianjurkan dan apa dampaknya bila tidak sesuai dengan hal itu. Baca artikel berikut sampai tuntas untuk mendapatkan jawabannya.

ukuran angin ban nmax

Ketentuan ban NMax Yang Tidak Boleh Dilanggar

Setiap produk berkualitas selalu disertai dengan petunjuk dan ketentuan pemakaian untuk produk itu. Demikian juga untuk Yamaha NMax yang sudah sangat dikenal kualitasnya. Namun tidak sedikit yang menyepelekan ketentuan itu. Berikut ini adalah ketentuan tentang kaki NMax ini :

Ukuran angin ban NMax

Untuk ukuran atau tekanan angin yang standar di dalam ban motor skutic jenis maxi ini adalah 22 Psi untuk ban depan sedangkan dengan ukuran 36 Psi untuk ban belakang. Memang perbedaannya cukup besar antara ban depan dan ban belakang, yaitu sebesar 14 Psi. Rendahnya tekanan ban depan ini karena sudut caster yang terbentuk pada profil ban cukup rebah. Dengan demikian tekanannya juga harus rendah agar grip ban tetap optimal saat di jalanan yang menikung.

Coba bandingkan dengan motor matic dan motor bebek lainnya yang hanya 28-30 Psi untuk ban depan, dan 33-34 Psi untuk ban belakang. Sedikit berbeda dengan motor jenis sport yang bertekanan 30 Psi untuk ban depan dan 34 Psi untuk ban belakang. Jadi N-Max memang didesain dengan ­range lebar dengan tujuan kenyamanan bagi pengendaranya ketika dipakai untuk perjalanan jauh.

ukuran angin ban nmax

BACA JUGA : Shock NMax 2018 Keras, Ini Penyebab Dan Solusinya


Dimensi ban NMax

Ukuran ban untuk NMax telah ditentukan 110/70-13 M/C 48P untuk ban depan dan 130/70-13 M/C 63P untuk ban belakang. Penjelasannya sebagai dengan mengambil contoh untuk ban depan :

  • Angka 110 adalah lebar ban dengan satuan milimeter. Artinya lebar ban 11 cm.
  • Angka 70 adalah ketebalan atau tinggi ban dalam satuan persen. Artinya tinggi ban 70% kali 110, yaitu sebesar 77 mm atau 7,7 cm.
  • Angka 13 adalah diameter velg yang dipakai dalam satuan inch. Artinya diameter velg 33,02 cm.
  • Huruf M/C adalah kependekan dari MotorCycle. Pada merk ban tertentu memakai huruf S/C, yang artinya Scooter.
  • Angka 48 adalah load index yang dipadu dengan tekanan ban sebesar 22 Psi. Pada tabel yang sudah ditentukan angka load index 48 ini dirancang untuk dapat menahan bobot 137 kg. Sedangkan untuk ban belakang dirancang dapat menahan bobot sampai dengan 248 kg.

ukuran angin ban nmax

Akibat Ukuran Angin NMax Dan Jenis Tidak Standar

Apabila ukuran angin NMax tidak sesuai standar maka :

  • Apabila tekanan angin kurang dari standar maka permukaan ban yang menapak pada jalan tidak hanya bagian bawah ban saja, melainkan dinding ban / sidewall tire juga akan menapak. Secara struktur material ban, dinding ban tidak dirancang untuk menahan beban langsung.
  • Apabila tekanan angin terlalu berlebih maka bagian tengah ban akan cepat mengalami keausan. Sedangkan telapak ban dirancang untuk menapak rata. Hal ini juga akan mengakibatkan ketidak stabilan motor ketika dikendarai.

Anjuran Terbaik Untuk Ukuran Angin Ban NMax

  • Pakai selalu ban NMax yang berjenis tubeless
  • Isi angin atau udara dalam ban dengan jenis nitrogen
  • Gunakan spare-part yang orisinil dari Yamaha. Bila Anda akan menggantinya Anda bisa lihat di sini sebagai acuan keaslian produk dari Yamaha.

ukuran angin ban nmax

Ban kendaraan bermotor adalah salah satu alat utama kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Lebih baik kita mengutamakan kaki kendaraan yang harus sesuai standar daripada mengorbankan dengan memodifikasi yang tidak sesuai standar hanya untuk sebuah penampilan saja.

JANGAN LEWATKAN BACA : Cepat Mati Mesin karena Busi Motor Hitam? Apa Penyebabnya?

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911