Cepat Mati Mesin karena Busi Motor Hitam? Apa Penyebabnya?

oleh | 30 Agu 2020 | Artikel/News

Penyebab Busi Motor Hitam Sehingga Motor Cepat Mati – Busi merupakan salah satu komponen kecil yang ada pada sepeda motor. Meskipun kecil, kehadirannya cukup penting untuk berjalannya sebuah sepeda motor. Tanpa adanya busi atau jika busi terjadi kerusakan sekecil apapun, kinerja sepeda motor tak lagi maksimal.

Normalnya busi motor harus diganti ketika sepeda motor telah mencapai 8.000km atau 10.000. Namun, ada kalanya ketika busi harus segera diganti karena kondisinya yang sudah parah atau telah berubah warna menjadi hitam. Tentu saja akhirnya menyebabkan Anda semakin boros.

Penyebab Busi Cepat Hitam

Penyebab Busi Motor Hitam Sehingga Motor Cepat Mati

Untuk mencegah terjadinya kerusakan semakin parah, sebagai pengguna motor sudah seharusnya Anda mengetahui beberapa penyebab busi motor cepat menghitam dan membuat motor cepat mati berikut ini.

  1. Kotornya Filter Udara

Penyebab Busi Motor Hitam Sehingga Motor Cepat Mati

Kondisi pertama yang dapat memungkinkan terjadinya busi hitam yaitu filter udara yang kotor. Keadaan ini seringkali tidak disadari oleh para pengguna motor. Elektroda busi menghitam karena terkena kotoran dari filter udara. Sebaiknya dilakukan pengecekan secara berkala pada bagian filter.

  1. Spesifikasi Bahan Bakar Tidak Tepat

Di sinilah pentingnya penggunaan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin. Apabila Anda menggunakan bahan bakar yang salah, bisa-bisa mesin menyedot bensin lebih banyak dari seharusnya. Jangan paksakan untuk menggunakan bahan bakar dengan kualitas lebih rendah dibandingkan yang seharusnya.

Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa memeriksa bagian busi. Jika bagian atas busi selalu basah, itu tandanya penggunaan bahan bakar terlalu banyak. Selain itu, saat Anda menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan rendah, bisa menimbulkan penimbunan timbal. Elektroda busi akan menjadi lembab dan akan timbul masalah pada pengapian.

  1. Busi Tidak Terpasang dengan Tepat

Hal yang cukup sederhana dan sepele ini ternyata bisa membuat busi menjadi lebih mudah hitam. Ketika Anda memasang busi dengan cara yang tidak tepat, saat sedang terburu-buru misalnya, hal ini dapat merusak jalur ulir dari busi. Akibat terburuk yang ditimbulkan yaitu kerusakan pada jalur ulir tersebut. Busi yang terpasang dengan longgar tentu bisa membuat mesin lebih mudah mati.

  1. Terjadinya Korsleting di Jalur Pengapian

Ternyata bukan hanya listrik rumah saja yang bisa korslet, sepeda motor Anda juga bisa korslet. Ciri-ciri motor yang korslet yaitu mesinnya tidak dapat dinyalakan. Hal ini disebabkan jalur pengapian terhampbat atau daya yang disalurkan terlalu rendah. Kondisi ini sering terjadi pada sepeda motor yang lama tidak digunakan. Coba cek kembali pada sepeda motor Anda apakah ada kabel terbakar atau kondisi-kondisi lainnya yang mengganggu jalur pengapian.

  1. Kualitas Busi Tidak Cocok

Mesin dan busi adalah dua hal yang saling berkaitan satu sama lain. Apabila Anda menggunakan busi yang kualitasnya tidak sesuai dengan spesifikasi mesin, maka sistem pembakaran juga tidak bisa dilakukan dengan maksimal. Entah itu Anda menggunakan kualitas busi yang terlalu rendah atau juga terlalu tinggi, tentunya sama-sama dapat menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna. Kerja busi bisa jadi lebih berat dari yang seharusnya ia lakukan.

  1. Kompresi Mesin Bocor

Tekanan di silinder ruang pembakaran (combustion chamber) bisa hilang jika kompresi mesin dalam keadaan bocor. Sistem pembakaran yang terjadi tidak akan maksimal dan tentu saja akibatnya busi lebih mudah mati. Saat kondisi sepeda motor Anda sudah seperti ini, sebaiknya segera bawa ke bengkel atau tempat service terdekat dan terpercaya.

Cara Mengatasi Busi yang Cepat Mati

Penyebab Busi Motor Hitam Sehingga Motor Cepat Mati

Sebelumnya kita telah membahas beberapa penyebab busi yang cepat mati. Berikut ini kami berikan cara mengatasi busi yang cepat mati.

  1. Gunakan busi yang sesuai dengan spesifikasi mesin dan lakukan pemasangan dengan cara yang tepat.
  2. Isilah mesin dengan menggunakan jenis bahan bakar yang tepat.
  3. Lakukan pemeriksaan secara rutin pada bengkel atau service terpercaya.

Ini adalah artikel tentang Penyebab Busi Motor Hitam yang membuat motor anda cepat mati . Semoga artikel ini bermanfaat.

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911