Ternyata Ini Penyebab Rantai Motor Berisik

oleh | 30 Nov 2020 | Artikel/News

Penyebab rantai motor berisik – Pengguna motor jenis sport dan cube (bebek) pasti pernah mengalami rantai motor yang berisik. Mengganggu pendengaran kita banget tentunya. Mungkin penyebab berisiknya rantai motor itu tidak sama di setiap motor. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan apa saja yang bisa menjadi penyebab rantai motor berisik, dan apa solusinya.

Penyebab Rantai Motor Berisik

Rantai yang berisik pada motor kesayangan kita itu sebenarnya memberikan pesan kepada penggunanya agar segera melakukan perawatan khusus pada rantai dan gear. Dua bahan sesama logam ini memiliki sifat sama-sama mudah memuai saat terkena panas. Apalagi rantai dan gear berdekatan dengan poros transmisi pada mesin motor. Hal ini lah yang dapat mempercepat proses pengeringan rantai dan gear dari minyak pelumas.

 

Penyebab Rantai Motor Berisik

Selain hal tersebut tadi, ada beberapa penyebab lain yang membuat rantai motor kamu berisik, yaitu :

  • Kondisi rantai motor yang kotor, kering atau kaku. Ini sering terjadi saat musim penghujan ketika kita melewati genangan air. Atau bisa juga karena debu-debu yang menempel pada rantai atau gear.
  • Adanya pemuaian karena panas bisa menyebabkan rantai kendur. Karena bergesekan dengan gear maka bunyi rantai kendur yang bergesekan dengan gear itu akan semakin kencang.
  • Karat pada rantai juga menjadi penyebabnya. Berkaratnya rantai ini disebabkan karena kotoran yang menempel terlalu lama sehingga mengendap. Endapan ini berpotensi untuk menyimpan air sehingga terjadi proses karat itu tadi.
  • Posisi gear belakang yang tidak lurus atau tidak tegak lurus dengan poros motor bisa membuat rantai berisik Karena gear dan rantai tidak bergesekan pada posisi yang benar.

Penyebab Rantai Motor Berisik

Solusi Rantai Motor Yang Berisik

Dari penyebab-penyebab tadi tentu harus ada solusinya. Berikut ini solusi yang bisa kamu lakukan ketika rantai motor kamu berisik banget, yaitu :

  • Bersihkan rantai dan gear motor kita secara teratur. Pembersihannya jangan menggunakan oli bekas, oli baru ataupun gemuk. Tiga pelumas itu sebenarnya malah mengundang kotoran untuk semakin lengket di rantai atau gear. Lakukan pelumasan dengan menggunakan pelumas khusus rantai (chainlube) satu kali dalam seminggu bila motor kamu pakai setiap hari. Ini harus kamu lakukan terutama saat musim penghujan.

 

BACA JUGA : Wajib Tahu, Efek Shock Belakang Bocor

Penyebab Rantai Motor Berisik

  • Untuk rantai yang kendur kamu bisa lakukan penggeseran poros roda belakang. Kendurkan poros roda terlebih dahulu, baru kemudian lakukan penggeseran poros roda. Sesuaikan dengan kebutuhan dan syarat yang ditentukan untuk jarak aman kekencangan rantai. Bila langkah penggeseran poros roda ini sudah dilakukan beberapa kali namun masih terjadi juga suara yang berisik, jangan lakukan pemotongan anak / cincin rantai. Sebaiknya lakukan penggantian secara menyeluruh dengan gear-nya. Karena bisa dipastikan kondisi seperti itu selalu diikuti dengan kondisi gigi gear yang sudah tidak sempurna lagi profilnya.

 

  • Rantai yang berkarat dengan ketebalan yang ringan, kamu bisa melakukan pembersihan dengan cara merendam rantai ke dalam solar. Sambil direndam, lakukan pembersihan dengan cara menyikat dengan sikat kawat.

 

Penyebab Rantai Motor Berisik

 

  • Solusi untuk posisi gear belakang yang tidak tepat dapat kamu lakukan dengan cara membongkar kembali poros roda dan seting kembali sampai pada posisi yang tepat dan tegak lurus dengan poros roda. Apabila langkah ini masih belum bisa menghilangkan suara berisik, ada kemungkinan memang gear-nya yang bermasalah. Lakukan penggantian secara menyeluruh pada gear dan rantai untuk solusinya. Pastikan gear dan rantai itu adalah asli produk Yamaha. Check kevalidannya di sini. Itu akan membantu kamu menemukan spare part yang asli.

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911