Wajib Tahu, Efek Shock Belakang Bocor

oleh | 30 Nov 2020 | Artikel/News

Efek shock belakang bocor memang terasa sangat tidak nyaman ketika motor kita kendarai. Seharusnya shockbreaker ini harus membat kenyamanan di jalan. Apabila shockbreaker kamu biarkan atau kamu abaikan saja apalagi terus menerus, tentu akan ada dampak yang harus kamu rasakan sebagai pengendara. Apa saja dampaknya, lalu solusinya bagaimana ? Simak ulasan berikut ini.

Efek Shock Belakang Bocor

Penyebab Shock Belakang Bocor

Shockbreaker motor atau peredam kejut merupakan komponen penting ketika dalam perjalanan. Kenyamanan dan ketahanan kamu saat berkendara juga dipengaruhi shockbreaker. Karena fungsi utamanya adalah membuat nyaman dalam berkendara. Tetapi tidak menutup kemungkinan shockbreaker tidak bisa bekerja optimal atau bahkan bermasalah dan akhirnya terjadi kebocoran.

Penyebab kebocoran shockbreaker ini antara lain adalah :

  • Seal karet yang mengeras sehingga menjadi getas. Kondisi getasnya seal ini akan dengan cepat membuat seal ini patah.
  • Debu atau kotoran yang masuk ke celah-celah kecil hingga mencapai as shockbreaker. Debu-debu ini akan merusak seal saat shockbreaker menjalankan fungsinya. Posisi dan kondisi shockbreaker yang terbuka akan membuat debu dengan mudah menempel di seal shocbreaker, apalagi bila musim hujan.
  • Cara berkendara yang tidak wajar. Misalnya ugal-ugalan di jalanan yang tidak rata.
  • Akibat dari benturan atau tabrakan yang membekas pada shockbreaker. Mungkin sepintas tidak terlihat. Tetapi bila as shockbreaker tergores dan dibiarkan terus, maka ketidak normalan ini akan merembet ke seal dan sebagainya.
  • Pemasangan yang tidak tepat sehingga dudukan shockbreaker tidak terpasang dengan benar.

 

Efek Shock Belakang Bocor

  • Motor digunakan dengan dipaksakan untuk menerima muatan / beban yang berlebih, bahkan tidak wajar. Bila ini diteruskan maka akan memperlemah daya tahan shcokbreaker. Komponen yang pertama kali akan mengalami kerusakan tentunya adalah seal.
  • Kondisi jalan yang bergelombang, penuh dengan lubang-lubang, dan tidak rata membuat shockbreaker akan bekerja ekstra menerima beban muatan dan menahan hentakan jalan yang berlubang.
  • Ban motor yang sudah aus akan membuat shockbreaker berusaha menjadi penyeimbang motor.

Tanda Dan Ciri Shock Belakang Bocor

Karena kenyamanan adalah hal penting dalam berkendara, maka akan terasa sekali apabila kenyamanan itu mengganggu kamu saat berkendara. Itulah tanda-tanda shockbreaker belakang ada masalah. Tanda-tanda atau ciri lainnya adalah sebagai berikut :

  • Pada bagian shockbreaker, terutama bagian bawah akan terlihat lelehan oli. Tidak hanya lelehan saja, juga akan terlihat hitam legam pada bagian bawah shockbreaker.
  • Saat shockbreaker mengalami kebocoran, maka hanya komponen pegasnya saja yang bekerja. Dengan demikian maka motor akan terasa mental-mentul karena ayunan baliknya yang terlalu banyak.
  • Ketika harus melewati jalan bergelombang, shockbreaker akan mengeluarkan suara yang tidak wajar dan keras.

Efek Shock Belakang Bocor

Efek Shock Belakang Bocor

Kondisi shockbreaker yang bocor akan sangat mempengaruhi komponen lain pada motor. Tidak hanya tentang kenyamanannya saja. Dampak lain dari shockbreaker yang bocor ini adalah :

  • Pengendalian motor akan terasa sangat tidak nyaman.
  • Oli shockbreaker akan meluber, meleleh atau merembes pada shockbreaker. Bila bercampur dengan debu atau kotoran lain akan membuat kotor shockbreaker.
  • Untuk motor yang menggunakan velg jari-jari, akan membuat velg mudah goyang.
  • Ban motor bisa menjadi botak sebelah. Karena akan menyeimbangkan motor ketika shockbreaker tidak berfungsi. Jadi bagian ban yang aus itu bagian yang menerima beban lebih.
  • Telapak ban yang bergelombang membuat ketidak nyamanan pengendara semakin terasa. Terutama dalam berkendara jarak jauh. Ditambah lagi kondisi jalan yang tidak rata.
  • Kesehatan tulang ekor pengendara juga bisa terganggu. Belum lagi bila kemudian sakit pinggang atau bahkan syarf terjepit. Karena tulang ekor yang yang menumpu pada jok motor akan menerima kejut yang keras dan berulang-ulang. Kamu harus ingat, jok bukanlah alat peredam yang baik untuk menerima beban kejut.

BACA JUGA : Kenali Tanda Air Radiator Habis Pada Jupiter MX

Efek Shock Belakang Bocor

Solusi Shock Belakang Bocor

Dalam kondisi shockbreaker yang bocor memang ada alternatif solusi, yaitu dengan memperbaiki seal shockbreaker. Tetapi perlu diingat, perbaikan ini hanya bersifat sementara. Selain itu tidak ada jaminan akan berfungsi dengan baik dalam kondisi jalanan apapun, apalagi untuk jangka waktu lama. Maka langkah yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah kebocoran shockbreaker adalah dengan mengganti shockbreaker itu secara utuh. Jangan lupa, kamu sudah memastikan bahwa shockbreaker yang kamu pilih untuk menggantinya adalah produk asli dari Yamaha. Check keasliannya di sini.

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911