Benarkah Motor Kopling Paling Irit Dibanding Matic

oleh | 27 Nov 2020 | Artikel/News

Motor kopling paling irit, itu pendapat banyak orang ketika membandingkan antara motor kopling dengan motor matic. Kalau memang seperti itu, mengapa motor matic sekarang lebih mendominasi jalanan ? Itukan sama artinya motor matic lebih banyak peminta daripada motor kopling ? Apakah memang benar seperti itu ? Lalu, Apa sebabnya ?

Motor Kopling Paling Irit

Dasar Perbedaan Motor Kopling – Motor Matic

Perbedaan yang dimaksud bukanlah perbedaan secara menyuluruh, tetapi hanya yang terkait dengan keiritan bahan bakar motor saja.

Motor Kopling Paling Irit

  • Putaran mesin (RPM) motor matic lebih besar daripada motor kopling
  • Dari berbagai test drive yang dilakukan, untuk satu liter bahan bakar dan dengan kapasitas mesin yang sama pula, motor kopling dapat menempuh perjalanan yang lebih panjang daripada motor matic. Biasanya bedanya tidak terpaut jauh. Hanya sekitar 3-7 kilometer.
  • Sistem transmisi pada motor matic berjalan secara otomatis, tidak diperlukan pemindahan gigi ketika ada perubahan kecepatan. Sedangkan motor dengan menggunakan kopling, memerlukan penarikan kopling untuk penyesuaian perpindahan gigi. Laju motor akan terhenti sesaat ketika ada perpindahan ini.

Penyebab Motor Kopling Paling Irit

Ada beberapa penyebab mengapa motor matik lebih boros, atau motor kopling paling irit.

Motor Kopling Paling Irit

  • Setiap pergantian gigi kecepatan, posisi gas kecepatan untuk motor kopling akan dikurangi. Dengan demikian ada kesempatan pengendara untuk memindahkan gigi perseneling. Titik pada saat pengurangan gas inilah yang bisa mengurangi konsumsi bahan bakar, walapun hanya sedikit.
  • Ketika motor dijalankan pada tanjakan, motor kopling akan bisa menyesuaikan tenaga dengan gigi kecepatan. Beda halnya bila dilakukan motor matic, motor matic akan secara otomatis melaju. .
  • Penggunaan oli yang tidak sesuai peruntukkannya. Pabrikan oli sudah memisahkan minyak pelumas dalam beberpa jenis. Diantaranya adalah, oli untuk motor matic jelas berbeda kapasitas dan kekentalannya. Apabila tidak sesuai maka akan berpengaruh pada tarikan motor. Kondisi ini akan memaksa diperlukannya tambahan tenaga, dan otomatis konsumsi bahan bakar akan lebih banyak.

BACA JUGA : Cukup Amankah NMax Pakai Pertalite

Tips Agar Motor Matic Bisa Lebih Irit

Motor Kopling Paling Irit

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar motor matic tidak boros bahan bakar.

  • Lakukan perawatan mesin dan instrumen motor matic lainnya dengan baik, benar dan berkala.
  • Cara mengendarai motor harus diperhatikan. Kebiasaan mengendarai motor dengan kecepatan yang tidak stabil bisa dipastikan motor matic akan mengeluarkan tenaga lebih banyak.
  • Sebisa mungkin menghindari pemakaian motor matic ke daerah pegunungan. Selain lebih boros, juga rawan bahaya, karena pengereman hanya mengandalkan rem depan dan belakang. Beda dengan motor kopling atau motor semi kopling (bebek) yang bisa memanfaat kemampuannya untuk break engine (pengereman mesin).
  • Apabila diperlukan penggantian spare part, pastikan spare part kamu ada di sini.

Motor jenis cube / bebek bisa jadi pilihan bagi kamu yang kesulitan untuk menggunakan motor kopling. Karena motor bebek menggunakan transmisi semi kopling. Jadi lebih mudah penggunaannya daripada motor kopling.

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911