Cukup Amankah NMax Pakai Pertalite

oleh | 27 Nov 2020 | Artikel/News

Amankah NMax pakai Pertalite dalam pemakaiannya ? Pertanyaan ini muncul setiap ada kenaikan harga BBM. Atau, muncul hanya untuk bereksperimen untuk mencari bahan bakar alternatif saja lalu diviralkan di media. Sekarang mari kita coba ulas lebih dalam, apakah cukup aman penggunaan Pertalite untuk motor NMax kesayangan kamu.

Amankah NMax Pakai Pertalite

Spesifikasi Standar

Harus diakui, pengguna motor Yamaha NMax semakin meningkat jumlahnya sejak diluncurkan beberapa tahun yang lalu. Karena NMax dengan kapasitas 155 cc ini dirancang untuk mampu berakselerasi kencang dan ber-handling dengan nyaman.

Spesifikasi Motor Yamaha NMax

Yamaha, sebagai pabrikan yang memproduksi kendaraan ini tentu saja tidak akan mengabaikan perkembangan ini. Sehingga Yamaha terus melakukan pengembangan dan inovasi agar performa kendaraan kesayangan banyak orang ini bisa nyaman dan semakin bagus.

Salah satu contohnya adalah peningkatan performa mesin Yamaha NMax. Dari awal peluncuran hingga produk terakhir, NMax tetap berkapasitas mesin 155 CC. Tetapi ada perbedaan pada perbandingan kompresinya. NMax sebelumnya perbandingan kompresinya 10,5 : 1. Sedangkan saat ini, edisi NMax terbarunya lebih tinggi lagi yaitu 11,6 : 1.

Amankah NMax Pakai Pertalite

Tingkat Oktan Pada Produk Pertamina

Pertamina sebagai penyedia bahan bakar bagi kendaraan selalu berupaya agar produk yang dijual ke masyarakat dapat digunakan sesuai dengan peruntukkannya. Perbedaan harga ini salah satu penyebabnya karena ada perbedaan kadar oktan pada BBM. Semakin tinggi kandungan oktan pada BBM maka tingkat efisiensi sistem pembakaran juga akan semakin tinggi.

Perlu kita ketahui, produk bahan bakar yang dihasilkan Pertamina ada beberapa jenis. Perbedaan ini terletak pada kandungan oktan di dalamnya. Ada RON 92 (Pertamax), RON 90 (Pertalite), RON 88 (Premium) dan seterusnya. Perlu diketahui juga, semakin tinggi RON maka emisi gas buang yang berbahaya bagi kesehatan juga akan semakin kecil

Amankah NMax Pakai Pertalite, Ini Jawaban Pertamina

Pertamina sudah menyarankan bahwa untuk kompresi mesin 10 : 1 hingga 11 : 1 sebaiknya memakai bahan bakar yang oktannya setingkat dengan RON 92. Sedangkan untuk kompresi di bawah 10 : 1 sebaiknya menggunakan bahan bakar dengan RON 90.

Amankah NMax Pakai Pertalite

Sekarang apabila ditanya, untuk NMax, apakah motor bisa dijalankan bila mengkonsumsi Pertalite. Jawabanya adalah bisa. Apakah ada efeknya ke mesin bila NMax menggunakan Pertalite ?

Apabila dilihat dari spesifikasi dan kompresinya, sebaiknya dijauhkan dari penggunaan bahan bakar Pertalite. Ada beberapa efek yang akan dirasakan dan dialami bila “memaksakan” menggunakan Pertalite, yaitu :

  • Tarikan motor akan terasa agak berat.
  • Getaran motor terasa lebih kasar, yang akan dirasakan pada bagian setang.
  • Getaran mesin terasa lebih kasar.
  • Muncul detonasi atau knocking pada mesin
  • Terdengar suara mengelitik pada mesin.
  • Pembakaran tidak maksimal.

Amankah NMax Pakai Pertalite

Penurunan performa tersebut akan sangat terasa bila di dalam tangki bahan bakar sudah tidak tersisa RON 92 ke atas. Artinya motor sudah menggunakan full Pertalite, tanpa bercampur dengan Pertamax. Dengan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi maka kamu sedikit banyak akan memberi kontribus positif pada lingkungan, khususnya udara.

Sebenarnya, apabila ingin mengirit konsumsi bahan bakar bukan dengan mengganti bahan bakarnya. Langkah yang paling tepat adalah dengan berkendara dengan cara yang baik dan benar.

Apabila motor kamu sudah terlanjur memakai oktan yang lebih rendah dan akibatnya ada kerusakan pada spare part motor, segera perbaiki dan ganti dengan spare part asli dari Yamaha. Check keasliannya di sini.

BACA JUGA : Duh, Bagaimana Solusi Kunci Keyless Aerox Hilang

 

BBM Yang Disarankan Untuk Motor Yamaha

Sedikit berbagi dan menyegarkan pengetahuan kita tentang jenis bahan bakar yang dikonsumsi dan disarankan pada motor Yamaha, yaitu :

Amankah NMax Pakai Pertalite

  • RON 90 (Pertalite)
    • Kompresi 9,3 : 1 ; Vega Force, Jupiter Z1, X-Ride
    • Kompresi 9,5 : 1 ; Mio M3, Soul GT, Mio J, New Soul GT, Fino, Byson F1
  • RON 92 (Pertamax)
    • Kompresi 10,4 : 1 ; Jupiter MX, Vixion, R15,
    • Kompresi 10,5 : 1 ; Nmax, Aerox 155,
    • Kompresi 10,9 : 1 ; Aerox 125, Xeon RC
  • Pertamax Plus
    • Kompresi 11,1 : 1 ; Grand Filano
    • Kompresi 11,6 : 1 ; All New NMax, MT25, R25

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911