Duh, Bagaimana Solusi Kunci Keyless Aerox Hilang

oleh | 26 Nov 2020 | Artikel/News

Kunci keyless Aerox hilang, maka sudah bisa dipastikan kamu akan bingung sekali. Kalau misalnya terjadi pada motor-motor generasi sebelumnya tentu kamu akan segera mencari tukang penggandaan kunci dan sebagainya. Dan di generasi sekarang kita harus dihadapkan dengan teknologi baru yaitu Smart Key System (SKS).

Kunci Keyless Aerox Hilang

Teknologi Smart Key System

Kemajuan teknologi membuat Yamaha harus mengikuti perkembangan yang ada. Salah satunya dengan menyematkan Smart Key System pada motor matic Aerox. Teknologi yang memanjakan pengendara motor tanpa memasukkan anak kunci untuk menghidupkan mesin, mengunci stang motor, membuka jok dan membuka tangki bahan bakar. Selain itu, Smart Key System ini juga dilengkapi fitur answer back untuk pencarian motor di tempat parkir, dan fitur immobilizer untuk melindungi dari tindak pencurian. Semua serba praktis, tidak ribet dan mudah.

Apa Yang Harus Dilakukan Kalau Kunci Keyless Aerox Hilang

Segala kelebihan pasti tidak bisa lepas dari kekurangan. Kekurangan Smart Key System ini apabila kunci yang kita bawa itu hilang atau jatuh di jalan yang kita tidak tahu dimana jatuhnya. Berikut ini adalah solusi yang bisa kita lakukan bila hal itu terjadi pada motor kita.

Kunci Keyless Aerox Hilang

Tanda Pada Motor Kalau Kunci Jatuh

Untuk kenyamanan pengendara, Yamaha telah memberi fitur pada speedometer bila kunci (remote) yang ada di saku atau tas kita jatuh di jalan. Perhatikan tahapan berikut :

  • Lampu indikator bergambar kunci pada speedometer secara otomatis akan menyala bila ada perbedaan jarak lebih dari 20 meter antara posisi remote dengan motor yang kita kendarai. Setelah itu akan diikuti dengan bunyi suara alarm. Dalam kondisi ini motor masih bisa kita kendarai atau posisi mesin masih hidup.
  • Bila perbedaan jarak telah melewati 1 kilometer, maka lampu indikator akan mati dan tidak ada bunyi alarm lagi.
  • Jadi sebaiknya ketika lampu indikator menyala dan ada suara alarm, kamu segera balik arah dan cari remote
  • Penting harus diingat, ketika kehilangan remote dan posisi mesin masih menyala, mesin motor jangan sampai mati. Kalaupun terpaksa harus mati, sebelum 30 detik setelah matinya mesin, kamu harus menghidupkannya lagi. Karena bila itu tidak kamu lakukan maka mesin motor akan terkunci dengan sendirinya.

Solusi bila tahap terakhir di atas harus kamu hadapi adalah, segera ke dealer atau bengkel resmi Yamaha untuk mendapatkan dan mengatur remote baru.

Kalau Kunci Keyless Aerox Hilang

Sebenarnya langkah berikut ini sebagai solusi yang sama ketika remote terjatuh hingga mesin motor terkunci. Oleh karena itu selanjutnya lakukan langkah berikut :

  • Beli remote baru, dan lakukan setting / mengatur ulang remote dengan menggunakan nomor sandi sebelumnya. Dari sini kita bisa lihat, bahwa menghapal atau juga ada catatan tersembunyi nomor sandi ini harus kita hapalkan.
  • Pembelian remote juga bisa dilakukan dengan pembelian sandi Smart Key System baru.

Kunci Keyless Aerox Hilang

Cara Mengaktifkan Remote Keyless Baru

Setelah remote baru terbeli, lakukan langkah berikut untuk aktifasi remote keyless kamu.

  • Syarat utama sebelum aktifasi ulang remote keyless, kamu harus ingat atau tahu nomor sandi yang diberikan dealer ketika serah terima motor pada saat pembelian.
  • Pastikan rumah / knop kunci kontak motor dalam posisi Lalu tekan dan tahan knop hingga lampu indikator pada speedometer berkedip. Setelah berkedip, lepaskan tekanan jarimu.
  • Ulangi langkah di atas sampai tiga kali. Pada kali yang ketiga lampu indikator akan menyala selama 3 detik. Ini berarti kamu bersiap untuk memasukkan nomor sandinya.
  • Sebagai contoh nomor sandinya ; 321654. Cara memasukkan nomor tersebut adalah dengan menekan dan menahan knop sampai lampu berkedip sesuai angka sandi itu. Langkahnya :

SIMAK JUGA : Aki Motor Sering Tekor, Ini Penyebabnya

Kunci Keyless Aerox Hilang

    • Tekan dan tahan knop hingga lampu berkedip 3 kali, lalu lepaskan tekanan pada knop
    • Tekan dan tahan knop hingga lampu berkedip 2 kali, lalu lepaskan tekanan pada knop
    • Tekan dan tahan knop hingga lampu berkedip 1 kali, lalu lepaskan tekanan pada knop
    • Tekan dan tahan knop hingga lampu berkedip 6 kali, lalu lepaskan tekanan pada knop
    • Tekan dan tahan knop hingga lampu berkedip 5 kali, lalu lepaskan tekanan pada knop
    • Tekan dan tahan knop hingga lampu berkedip 4 kali, lalu lepaskan tekanan pada knop
  • Jika langkah di atas benar, maka akan ada bunyi suplai power untuk menghidupkan kunci kontak, lalu indikator keyless akan menyala.
  • Lalu pada kontak, putar knop ke posisi ON untuk menghidupkan mesin, buka jok dan buka tangki bahan bakar.
  • Apabila nomor sandi yang masukkan salah, maka kedipan lampu indikator akan lebih cepat.

Pastikan langkah-langkah di atas kamu lakukan dengan benar. Datang langsung ke bengkel resmi Yamaha untuk mendapatkan remote asli dari Yamaha. Kamu juga dapat memastikan keasliannya spare part  Yamaha di sini.

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911