Aki Motor Sering Tekor, Ini Penyebabnya

oleh | 26 Nov 2020 | Artikel/News

Aki motor sering tekor benar-benar membuat pusing kita sebagai pengguna motor. Apalagi bila motor itu kita pakai dalam keseharian. Bayangkan, saat kita akan berangkat kerja atau sedang dalam perjalanan ke tempat pekerjaan, lalu tiba-tiba motor mati karena aki yang bermasalah. Tentu akan membuat jengkel kita.

Aki Motor Sering Tekor

Lalu, apakah harus dilakukan penggantian aki saat itu ? Agar masalah tersebut tidak terjadi, atau bahkan tidak berulang-ulang terjadi ada baiknya kamu baca artikel ini sampai tuntas untuk mengantisipasinya.

Penyebab Aki Motor Sering Tekor

Aki adalah salah satu komponen penting pada instrumen kelistrikan motor kita. Posisi aki pada motor tergantung jenis dan merk-nya. Tetapi pada umumnya terletak di tempat yang tersembunyi. Ya, itu tujuannya untuk melindungi dari sinar matahari langsung dan melindungi dari air.

Kalau sudah terlindungi seperti itu tetapi kemudian aki masih mengalami dayanya yang tekor, bahkan itu terjadi berulang-ulang, penyebabnya adalah :

Ada Masalah Pada Kiprok

Kiprok berfungsi untuk mengatur keluar masuknya aliran listrik ke aki. Komponen ini juga biasa disebut dengan regulator. Kiprok yang sudah lemah kinerjanya bisa jadi penyebab permasalahan tekornya aki motor kamu.

Aki Motor Sering Tekor

Korsleting Jadi Sebab Aki Motor Sering Tekor

Tanpa kita sadari ada kabel kelistrikan yang terkelupas atau sobek, dan serat atau inti kabel menempel pada body atau rangka motor. Penyebab lainnya pada isolasi sambungan kabel yang mengelupas atau kendor, lalu kabel itu menempel pada rangka motor.

Modifikasi Kelistrikan Yang Berlebihan

Karena mengikuti tren, motor kita modifikasi sedemikian rupa agar terlihat keren. Misalnya dengan menambahkan klakson yang lebih besar dari standar, penambahan lampu HID atau modifikasi kelistrikan lainnya. Apabila modifikasi ini tidak memperhitungkan perimbangan arus kelistrikan, atau di luar batas yang diijinkan maka aki akan bekerja di luar kewajaran. Bila diterus-teruskan maka aki yang akan jadi korbannya.

Pengikat Renggang Penyebab Aki Motor Sering Tekor

Pada ujung kabel yang terhubung langsung dengan aki ada komponen pengikat agar dapat terhubung dengan sempurna. Biasanya pada sekrup atau sejenisnya mengalami kerenggangan, atau bahkan terlepas.

Aki Motor Sering Tekor

Permukaan Aki Tidak Dalam Kondisi Bersih

Permukaan yang sering kotor pada aki ada pada bagian terminalnya. Penyebabnya karena kotor atau mulai berkarat. Kebiasaan tidak memeriksa dan membersihkan lah yang menjadi penyebabnya.

PASTIKAN BACA INI : Kenali Spesifikasi Yamaha FreeGo Standar

Solusi Dan Tips Bila Aki Motor Tekor

Aki Motor Sering Tekor

  • Ganti kiprok motor kamu bila, arusnya lebih dari 14 volt atau kurang dari 12 volt. Standar arus yang diijinkan adalah 12-13 volt. Langkah ini bisa kamu lakukan bila aki motor normal.
  • Periksa jalur kabel di semua jaringan kelistrikan motor kamu. Pastikan tidak ada yang menempel langsung pada rangka motor. Periksa juga sambungan kabel yang ditutup isolasi, apakah sudah tertutup sempurna atau belum. Periksa juga ujung kabel yang terhubung langsung dengan aki, apakah sudah terhubung dengan benar tanpa ada kerenggangan.
  • Tambahkan relay pada jaringan kelistrikan motor kamu agar arusnya lebih stabil. Penambahan ini bisa dilakukan apabila kamu ingin mempertahankan modifikasi pada motor kamu.
  • Usahakan aki dalam keadaan bersih. Meskipun aki tidak terlihat, tetap lakukan pembersihan secara rutin. Terutama pada bagian terminal aki.
  • Biasakan mencatat tanggal penggantian aki pada body aki itu sendiri. Pencatatan ini fungsinya sebagai penanda, apakah usia aki belum berusia satu tahu ataukah lebih dari satu tahun. Karena memang masa efektifnya aki adalah satu tahun. Apabila usia kurang dari satu tahun, segera cari sumber masalahnya. Tetapi bila usianya lebih dari satu tahun segera lakukan penggantian pada aki.
  • Hindari penggunaan electric starter secara terus menerus apabila mesin motor tidak hidup.
  • Nyalakan mesin motor 15 menit dalam sehari bila motor tidak dipakai.
  • Periksa ketinggian air aki secara rutin. Pastikan tinggi cairan tidak lebih rendah atau tidak lebih tinggi dari yang disyaratkan pada aki.

Apabila memang harus dilakukan penggantian komponen-komponen yang menjadi penyebab aki motor sering tekor, pastikan keaslian spare part yang kamu gunakan. Cek kesesuaiannya di sini, agar kamu tidak terjebak.

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911