Duh Kenapa Speedometer Aerox Mati Total

oleh | 2 Okt 2020 | Artikel/News

Speedometer Aerox mati total. Kok bisa ? Apa penyebab dan solusinya ? Para pengendara Aerox pasti akan bertanya seperti itu. Karena tidak ingin kendaraan kesayangannya mengalami kejadian seperti itu, apalagi saat sedang digunakan di jalanan. Baca terus artikel ini, maka Anda pengguna dan pemilik Aerox akan mendapatkan jawabannya.

speedometer aerox mati total

Kenali Speedometer Aerox

Aerox melengkapi keunggulannya dengan speedometer full digital. LCD berukuran 5,8 inci yang disematkan pada Aerox dapat menampilkan informasi yang detail dengan sistem Multi Information Display (MID). Ada dua warna background yang disuguhkan, yaitu warna biru untuk Aerox tipe standar dan S-Version serta warna background warna merah untuk tipe R-Version.

Masing-masing tipe mempunyai kelengkapan dan fiturnya yang sama, yaitu :

  • Lampu Indikator
    Menampilkan Coolant temperature warning light, Anti-lock brake system (ABS) warning light, VVA dan High beam indicator light, Smart Keys System, Engine trouble warning light dan Stop & Start System (SSS).
  • Digital Panel
    Menampilkan odometer, tripmeter, takometer, speedometer, V-Belt trip, Average F-Eco, fuelmeter, jam, Self-Diagnosis, Instant F-Eco dan voltase aki.

speedometer aerox mati total


BACA JUGA : Shock NMax 2018 Keras, Ini Penyebab Dan Solusinya

Penyebab Speedometer Aerox Mati Total

Pernahkah terbayang apabila speedometer Aerox yang sedemikan canggih itu tiba-tiba mati total ? Tentunya akan sangat merepotkan Anda sebagai pengguna. Apalagi bila mati mendadak pada saat kendaraan bermotor kita sendang dikendarai di jalan raya. Tentu sangat membahayakan bagi pengguna jalan lain.

Cara Kerja Speedometer Digital

Sebelum ke penyebab spedoometer Aerox mati total, ada baiknya Anda tahu terlebih dahulu bagaimana cara kerja speedometer digital pada motor. Apa yang ditampilkan pada speedometer merupakan hasil rangkaian kerja dari beberapa instrumen. Semuanya terhubung dengan sumber-sumber yang akan ditampilkan pada LCD speedometer.

speedometer aerox mati total

Misalnya saja penunjuk kecepatan motor. Ada instrumen gearbox pada roda depan yang memberikan sinyal yang terbaca oleh sebuah sensor optik. Sinyal ini yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka secara digital dan ditampilkan di LCD speedometer. Sistem ini dapat bekerja bila ada arus listrik sebagai daya untuk memberikan informasi. Demikian juga dengan instrumen lainnya yang membutuhkan daya agar informasi dari masing-masing sumber dapat ditampilkan pada LCD speedometer.

Speedometer Aeorox mati total

Dari penjelasan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa speedometer pada Aerox sangat tergantung dengan daya agar dapat menjalankan fungsinya. Daya yang berasal dari battery atau aki. Tegangan dari aki ini juga bisa mempengaruhi akurasi pembacaan kecepatan kendaraan.

Ketika ada gangguan atau ketidak normalan sistem kerja ini maka bisa mengakibatkan kegagalan fungsi speedometer. Gangguan itu biasanya terjadi karena terputusnya tegangan yang dibutuhkan speedometer. Bisa karena performa aki, atau bisa juga karena terputusnya arus. Untuk terputusnya arus ini, aliran arus ke speedometer melalui sekring 7,5 A. Maka sering terjadi, sekring pada posisi ini lah yang harus dituju ketika speedometer Aerox mati total secara mendadak.

 

Tips Menghindari Speedometer Aerox Mati Total

speedometer aerox mati total

Setelah Anda mengetahui penyebabnya, maka sebaiknya Anda juga tahu cara untuk mengantisipasi agar speedometer Aeorox Anda tidak mati total, yaitu :

  • Lakukan pengecekan arus tegangan aki secara rutin. Pastikan performanya dalam kondisi yang tetap baik.
  • Lakukan pemeriksaan pada kabel-kabel yang menuju speedometer dan kabel-kabel dari aki ke speedometer. Pastikan kabel-kabel tersebut dalam kondisi baik atau tidak tergores ataupun lecet.
  • Selalu siapkan sekring 7,5A pada motor Anda. Apabila Anda pernah melakukan penggantian, jangan lupa untuk menyiapkan sekring yang sama sebagai backup ketika terputusnya sekring secara tiba-tiba.
  • Pastikan bahwa perawatan dan penggantian spare-part yang Anda lakukan menggunakan spare-part  yang orisinil dari Yamaha. Cari spare-part di sini apabila Anda kesulitan untuk mendapatkan nama dan jenis spare-part yang Anda inginkan.

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911