Harus Tahu, Cara Memanaskan Motor Matic

oleh | 1 Des 2020 | Artikel/News

Cara memanaskan motor matic harus diperhatikan dengan benar oleh pengguna. Tetapi memang kita terkadang mengabaikan cara-cara yang ada. Faktor kebiasaan lah yang menjadi penyebab utamanya. Di bawah ini nanti kamu dapat membaca bagaimana cara memanaskan motor matic yang benar, dan apa dampaknya bila cara itu tidak dijalankan.

Simak terus ulasannya sampai habis. Dijamin wawasanmu akan semakin bertambah dengan pengetahuan berikut ini.

Cara Memanaskan Motor Matic

Ketika mesin motor berhenti maka akan terjadi proses bercampurnya udara pada bahan bakar. Kondisi bercampurnya udara ini akan semakin meningkat apabila mesin berhenti dalam jangka waktu yang lama. Misalnya saat malam hari, atau bahkan motor tidak dipakai dalam beberapa hari.

 

Cara Memanaskan Motor Matic

Ikut petunjuk berikut ini.

  • Hanya diperlukan waktu 30 detik atau setengah menit saja untuk memanaskan mesin motor pada pagi hari. Maksimal 10 menit, itu sudah lebih dari cukup.
  • Biarkan mesin menyala tanpa perlu digas atau bahkan digeber. Mesin yang menyala pada kondisi stasioner sudah cukup bagi oli untuk bersikulasi pada putaran mesin.

 

Hal Lain Yang Harus Diperhatikan

Cara Memanaskan Motor Matic

Keuntungan bila memanaskan mesin motor matic tidak lebih dari 60 detik adalah :

  • Komponen motor, terutama yang terkait dengan mesin akan mendapat sirkulasi oli yang cukup.
  • Suhu mesin yang hangat sudah cukup untuk “bekal” dalam perjalanan motor pada hari itu.
  • Efisien dalam penggunaan bahan bakar. Karena hanya dengan membutuhkan waktu yang singkat saja sudah cukup untuk menyiapkan mesin bekerja pada hari itu.

Kesalahan-kesalahan dalam memanaskan motor yang sudah menjadi kebiasaan adalah :

  • Menyalakan motor pada pagi hari atau menyalakan pertama kali setelah sekian lama motor “tertidur” dengan menggunakan electical starter. Mesin motor dapat menyala karena ada pemantiknya. Salah satu sumber pemantik ini adalah dari aki sebagai sumber listrik. Aki sendiri akan selalu mengisi daya dari perputaran mesin motor.
    Kalau aki masih belum terisi penuh dayanya lalu dipaksakan untuk melaksanakan tugasnya maka beban aki akan berat. Dan ini akan mengurangi usia pemakaian aki normal. Oleh karena itu, sebaiknya awali memanasi motor pada pagi hari dengan cara mengengkol kick starter.

Cara Memanaskan Motor Matic

  • Menarik gas terlalu dalam, apalagi dengan waktu yang lama. Hal ini tidak perlu dilakukan. Karena sebenarnya hanya dengan kondisi mesin menyala biasa saja oli sudah naik atau bersirkulasi pada mesin. Dengan gas yang besar tentu akan boros di bahan bakar.
  • Memanaskan motor sambil mengerjakan aktivitas lain. Biasanya pada pagi hari ketika akan berangkat bekerja melakukan aktivitas persiapan sambil memanasi motor. Padahal, untuk memanasi motor cukup hanya 30 detik – 2 menit saja. Durasi itu sudah cukup untuk “membangunkan” oli agar mulai bekerja pada mesin.

BACA JUGA : Pastikan, Ban Matic Untuk Touring Memang Pilihanmu

 

Cara Memanaskan Motor Matic

Ada keuntungan lain dalam memanaskan motor pada pagi hari sebelum beraktifitas. Kita akan tahu apakah motor matic kita bermasalah atau tidak. Paling tidak memeriksa angin pada ban. Jadi kita bisa lebih prepare bila terjadi sesuatu pada motor kita. Kalau memang diperlukan perbaikan, kita bisa langsung mengarahkan motor kita ke bengkel terdekat dengan rumah. Tetapi, ketika diperlukan penggantian spare part, pastikan keaslian suku cadang tersebut. Periksa keasliannya di sini, sehingga kamu akan tahu produk asli dari Yamaha. Bila menggunakan suku cadang asli dari Yamaha, maka motor kamu bisa berumur lebih panjang lagi.

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911