Ternyata, Ini Rahasia Perawatan Motor Injeksi Yamaha

oleh | 7 Jan 2021 | dealer

Membahas soal perawatan motor injeksi Yamaha, maka Anda bukan hanya harus tahu soal service yang dilakukan secara berkala saja. Service berkala sudah seharusnya Anda ketahui demi performa yang selalu bagus. Untuk bisa membuat motor injeksi awet, tidak butuh perawatan ekstra kedepannya, dan terus nyaman selama masih terpakai, maka ada hal-hal lain yang harus Anda ketahui dan Anda lakukan.

Perawatan motor injeksi Yamaha sebenarnya sederhana saja, malahan cenderung mirip dengan motor matic pada umumnya. Apa yang menjadi lebihnya adalah adanya injektor dan beberapa komponen yang memang butuh lebih diperhatikan.

Perawatan Motor Injeksi Yamaha

Perawatan Motor Injeksi Yamaha

Perawatan Motor Injeksi Yamaha

Beberapa perawatan sederhana dan umum akan dibutuhkan. Diantaranya adalah melakukan servis secara berkala, mengganti oli secara rutin, memperhatikan busi, mengganti filter udara, memperhatikan kondisi aki selalu, hingga memilih bensin yang bagus.

Perawatan yang harus Anda lakukan dengan jadwal tak lain adalah ganti oli, ganti filter udara, dan service rutin. Untuk perawatan yang bisa Anda lakukan setiap hari atau setiap saat adalah bahan bakar dan pemanasan. Bahan bakar dengan oktan tinggi harus Anda gunakan. Jangan sampai performa motor injeksi Anda menurun hanya karena bensin murahan, yang oktannya rendah.

Kemudian untuk pemanasan, sudah bukan sekedar saran lagi melainkan sifatnya wajib. Panaskan motor setiap pagi atau setiap kali sebelum Anda gunakan. Pemanasan hanya butuh waktu sekitar 5 sampai 10 menit saja, itupun motor harus dinyalakan dengan kick starter supaya baterainya tidak cepat habis.

Perawatan Motor Injeksi Yamaha

Perawatan Motor Injeksi Yamaha

Juga harus Anda ketahui soal penggantian filter udara. Mungkin ini hal ini jadi hal baru bagi Anda, sebab sebelumnya yang Anda tahu adalah filter udara seharusnya hanya perlu Anda bersihkan saja, tak harus Anda ganti. Kali ini motor yang Anda gunakan memiliki injektor sehingga cara kerjanya sedikit berbeda.

Karenanya, filter udara buka lagi Anda bersihkan. Penggantian filter udara harus rutin pada kelipatan dua belas ribu kilometer. Kelipatan kilometer untuk ganti oli dan service sudah Anda bukan? Jika belum, service berkala bisa Anda lakukan tiap seribu sampai empat ribu kilometer, sedangkan ganti oli setiap seribu sampai lima ribu kilometer.

Roller dan v belt adalah dua komponen yang jadi penting eksistensinya untuk motor yang mesinnya injeksi. Karenanya, mungkin Anda nanti akan membutuhkan biaya ekstra untuk dua komponen ini. Misalnya saat service, sudah butuh ganti, jangan menolaknya supaya injektornya tetap awet.

Baca Juga: Harus Tahu, Cara Memanaskan Motor Matic

Hal-hal yang Penting Untuk Anda Lakukan

Perawatan Motor Injeksi Yamaha

Perawatan Motor Injeksi Yamaha

Apa yang harus Anda ketahui lagi soal perawatan motor injeksi Yamaha adalah jika Anda melakukan modifikasi. Karena ada kemungkinan Anda melakukan itu, maka harus Anda ketahui beberapa bagian atau part yang jangan Anda ganti posisinya.

Salah satunya adalah komponen ECU, kabelnya nanti harus Anda colokkkan pada laptop untuk mengetahui sistem injeksi. ECU ini jangan sampai berubah posisi jika Anda melakukan modifikasi. Misalnya saja sebelumnya posisi ECU adalah pada bagian atas dan menghadap tegak, maka pastikan posisinya masih sama. Juga pastikan bersifat tertutup sehingga tidak terkena air.

Selain ECU, bank angle sensor juga harus Anda perhatikan. Saat motor injeksi Yamaha modifikasi tingkat rombak total, maka komponen ini juga bisa harus berpindah dari posisi sebelumnya. Boleh saja, asalkan bank angle sensor bagaimana caranya tidak berpindah.

Tidak sesulit yang Anda bayangkan namun tetap butuh perhatian lebih. beberapa cara perawatan motor injeksi Yamaha tersebut akan membantu Anda untuk mendapatkan motor injeksi dengan performa yang selalu prima serta tidak membutuhkan biaya ekstra karena adanya kerusakan.

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911