Pusing Karena Tarikan Gas RX-King Berat, Ini Solusinya

oleh | 8 Okt 2020 | Artikel/News

Pusing Karena Tarikan Gas RX-King Berat, Ini Solusinya –- Siapa tidak kenal dengan Yamaha RX-King, motornya raja jalanan. Mulai dari stigma positif hingga stigma yang negatif pernah disematkan pada motor ini. Motor 2 tak ini sangat dibanggakan kawula muda di eranya. Sejak diluncurkan tahun 1977 dengan RX100-nya, RX-King selalu diperbaharui dari generasi hingga ke generasi. Sampai pada akhirnya tahun 2002 dengan terpaksa harus mengakhiri generasinya. Ya, tahun 2002 adalah generasi terakhir RX-King yang melegenda.

tarikan gas rx-king berat

Saat ini meskipun sudah tidak diproduksi lagi,RX-King tetap diburu oleh pecinta Yamaha. Keberadaannya yang semakin jarang semakin membuat nilai jualnya semakin naik. Tetapi, karena memang sudah termasuk motor lama maka komponennya sudah banyak yang tidak optimal lagi. Memang harapan para pengguna menginginkan seperti pada masa jayanya dulu. Terutama pada tarikan gas yang dahulu tiada tandingannya. Artikel kali ini akan kita gali sampai seberapa jauh perawatan RX-King dapat mengembalikan performa seperti pada masanya.

 

Spesifikasi Mesin RX-King

Perjalanan panjang RX-King dimulai dari generasi pertamanya yaitu RX100 (1977), RX125 (1979), RX-K (1980), RX-S (1981), RX-Special (1983), RX-King Cobra (1983), RX-Z (1985), RX-R (1988), RX-King Master (1996) dan New RX-King (2002). Di setiap pergantian generasi RX-King kerap meningkatkan kapasitas mesinnya. Hingga di generasi terakhir RX-King mempunyai kapasitas 132 CC, rasio kompresi 6,9:1, 5 transmisi kecepatan, daya maksimum 18,5 PS/9.000 RPM, torsi maksimum 1.54 KGF.M/8.000 RPM  dan tipe mesin 2 langkah (tak) dengan silinder tunggal. Untuk kapasitas tangkinya mampu menampung hingga 9,5 liter bahan bakar dan dengan kapasitas oli 1 liter.

 

Penyebab Tarikan Gas RX-King Berat

Beberapa penyebab yang sering menjadi pemicu tarikan gas RX-King berat adalah :

tarikan gas rx-king berat

Oli Mesin Tidak Layak

Penyebab yang satu ini lebih mengarah kepada kebiasan. Suatu kebiasaan yang tidak rajin merawat kendaraan. Oli yang kotor apalagi volumenya yang sudah menyusut akan membuat mesin motor menjadi panas. Akibatnya, permformanya menurun dan otomatis tarikan gasnya juga berat.

Karburator Tidak Normal

Biasanya, salah satu penyebab karburator ini bermasalah karena ada unsur air yang masuk ke dalam karburator. Kalau ini dibiarkan terus maka mekanisme pembakaran tidak berjalan normal, dan berakibat pada tarikan gas motor yang berat.

Filter Kotor Jadi Sebab Tarikan Gas RX-King Berat

Masih behubungan dengan proses pembakaran. Filter sebagai penyaring udara seharusnya memasukkan udara yang bersih. Apabila filter kotor, maka udara bersih akan terhalang masuk dalam proses pembakaran.

tarikan gas rx-king berat

Busi Berkerak Dan Basah

Busi sebagai pemantik pembakaran memerlukan tempat yang bersih dan kering agar dapat bekerja optimal. Sering dijumpai, apalagi pada motor lama, busi dalam kondisi berkerak dan basah. Bila ini yang terjadi, dengan sendirinya akan mengganggu sistem pembakaran dan gas pun jadi terasa berat.

Rantai Kendor Penyebab Tarikan Gas RX-King Berat

Di luar faktor pembakaran, rantai yang kendor dapat mengakibatkan motor terasa berat ketika gas ditarik. Kendornya rantai ini bisa karena usia atau tidak rajin mengontrol ketegangan rantai.

tarikan gas rx-king berat

BACA JUGA : Velg Jupiter Retak Rambut, Ketahui Sebab Dan Solusinya

Solusi Untuk Tarikan Gas RX-King Berat

  • Bersihkan karburator dengan menggunakan kompresor agar debu-debu di sela-sela terkecil dapat dihilangkan. Lalu lumasi kabel gas sisi dalam dari bawah memakai oli bersih yang dicampur dengan bensin. Masukan campuran itu ke kabel dengan hati-hati, bila perlu gunakan selang plastik agar campuran tersebut bisa masuk hingga handle grip gas
  • Grip handle gas diberi pelumas cair yang tidak lengket
  • Lepaskan pegas skep karburator lalu tekan ujung pegas atas dan bawah dengan menggunakan tang lancip biar rapat. Dengan 3x lilitan untuk pegas atas, dan 3x llitan pegas bawah.
  • Lakukan penggantian spare-part yang memang perlu diganti dengan produk asli Yamaha agar tetap terjaga performanya. Pastikan spare-part Anda ada di katalog ini untuk mendapatkan informasi keaslian produk Yamaha.

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911