Motor Injeksi Mati Total Kok bisa? Begini Cara Mengatasinya

oleh | 31 Agu 2020 | Artikel/News

Motor Injeksi Mati Total Kok bisa? Begini Cara Mengatasinya- Sepeda motor merupakan salah satu moda transportasi yang memiliki jumlah pengguna paling banyak di Indonesia. Saat ini berbagai jenis sepeda motor telah mengalami peningkatan yang cukup pesat. Terutama pada bagian bahan bakar yang sebelumnya menggunakan teknologi karburator, berkembang menjadi injeksi. Dengan adanya injeksi bahan bakar ini, kinerja mesin bisa menjadi lebih baik dibandingkan dengan penggunaan karburator.

Motor Injeksi Mati Saat Di Gas

Motor Injeksi Mati Total Kok bisa? Begini Cara Mengatasinya

Meski perkembangan mesin sepeda motor telah dilengkapi dengan injeksi bahan bakar, masih juga ada kendala yang sering menghantui. Sebagian dari para pengguna sepeda motor injeksi masih mengeluhkan mesin motor yang mati ketika digas. Entah dalam kondisi sedang menyala atau barusan menyala, motor terkendala dengan sulitnya digas.

BACA JUGA: Penyebab motor tidak bisa digas tinggi ( klik disini )

Motor Injeksi Tidak Bisa Distarter

Motor Injeksi Mati Total Kok bisa? Begini Cara Mengatasinya

Saat menyalakan mesin, terkadang motor juga mengalami kendala yang cukup menyusahkan. Masih baru mau digunakan saja, sepeda motor sudah rewel tidak bisa distarter. Sebagai pemilik sepeda motor injeksi pastinya terganggu dengan kondisi ini.

Motor Injeksi Mati Total

Motor Injeksi Mati Total Kok bisa? Begini Cara Mengatasinya

Kondisi yang terparah yaitu ketika motor injeksi mati total. Sudah dipastikan bahwa tanki bahan bakar terisi, namun mesin masih saja tidak mau menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Lantas, apa saja penyebab kondisi motor injeksi bermasalah pada sistem penyalaan mesin seperti ini?

Penyebab Motor Injeksi Susah Dihidupkan

Masalah sepeda motor injeksi yang sulit dihidupkan biasanya terjadi di pagi hari. Setelah motor beristirahat dalam waktu yang cukup lama, kemudian hendak segera dinyalakan ternyata malah rewel. Apalagi saat kita sedang terburu-buru.

Mesin motor injeksi yang dingin bisa menjadi penyebab susahnya menghidupkan motor ini. Mesin gagal untuk membuat pengapian. Akhirnya mesin tidak mau menyala sama sekali.

Kegagalan pengapian juga bisa disebabkan oleh kondisi busi yang sudah tidak layak pakai. Busi kotor dan busi yang harus diganti adalah penyebab umum terjadinya kegagalan pengapian. Walau kecil, ternyata busi punya peran yang cukup penting pada hidupnya mesin motor.

Faktor lain yang juga bisa menjadi penyebab kegagalan nyala mesin dan mesin yang susah dihidupkan yaitu kualitas bahan bakar yang digunakan. Apapun jenis bahan bakar yang Anda gunakan, dapat menimbulkan endapan di bagian dasar tanki bahan bakar. Hanya saja terdapat perbedaan dari jumlah endapan yang dibuat oleh bahan bakar pilihan Anda.

Endapan kotoran inilah yang bisa menjadi penyebab motor tidak bisa dinyalakan. Adanya air di dalam tanki bahan bakar juga bisa menjadi penyebab mesin yang susah dihidupkan.

Cara Mengatasi Motor Injeksi Mati Total yang Susah Dihidupkan

Untuk mengatasi kondisi motor injeksi yang sulit dihidupkan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Cara pertama yaitu dengan cara memanasi motor secara rutin meskipun tidak sedang digunakan. Hal ini dapat mencegah mesin dingin terlalu lama.

Anda juga bisa memanasi motor sebelum digunakan untuk berkendara yang cukup lama atau perjalanan yang jauh. Proses ini hanya membutuhkan waktu selama 30 detik hingga 3 menit saja. Agar tidak terburu-buru, ambil waktu lebih pagi dari keberangkatan dan luangkan sedikit waktu untuk memanasi motor.

Cara selanjutnya yaitu lakukan service secara berkala. Dalam proses service ini, Anda bisa memeriksa kondisi busi dan membersihkan busi yang kotor atau mengganti busi yang sudah soak. Serta Anda juga bisa menguras tanki bahan bakar sehingga macam-macam kotoran maupun air yang tidak sengaja masuk ke dalam tanki, bisa dibersihkan. Pembersihan tanki bahan bakar juga bisa membuat pengapian jadi lebih lancar.

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911