Jangan Pusing. Ini Penyebab Motor Tidak Bisa Digas Tinggi

oleh | 31 Agu 2020 | Artikel/News

Penyebab motor tidak bisa digas tinggi- Sepeda motor merupakan salah satu jenis transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan di jalan raya, tidak susah kita temui sepeda motor yang berkeliaran di jalanan. Tak hanya di kota-kota besar saja, melainkan sepeda motor juga telah menjadi moda transportasi di daerah pedesaan.

Sepeda motor dianggap sebagai alat transportasi yang cukup praktis dan mudah untuk dikendarakan. Tidak perlu tempat parker yang luas untuk memiliki sepeda motor. Selain itu, sepeda motor juga sangat praktis untuk melewati jalanan yang sempit dan menghadapi kemacetan yang kerap terjadi di berbagai wilayah Indonesia.

Seperti halnya dengan alat transportasi yang lain, pada sepeda motor juga bisa menghadapi gangguan yang menyebabkan performanya kurang maksimal. Salah satu keadaan yang sering dialami oleh kebanyakan orang yaitu gangguan pada gas motor.

BACA JUGA: Cepat Mati Mesin karena Busi Motor Hitam? Apa Penyebabnya? (klik disini)

Penyebab Motor Tidak Bisa Digas Tinggi

Jangan Pusing. Ini Penyebab Motor Tidak Bisa Digas Tinggi

Sepeda motor harus dirawat dengan baik agar performanya selalu terjaga. Kadangkala ketika sepeda motor mulai jarang digunakan hingga jarang dilakukan perbaikan secara berkala, dapat menimbulkan beberapa gangguan. Gangguan yang sangat umum dialami yaitu saat motor tidak bisa digas tinggi. Lantas, apa sih penyebab motor tidak bisa digas tinggi?

Penyebab Motor Ditarik Gas Mati

Jangan Pusing. Ini Penyebab Motor Tidak Bisa Digas Tinggi

Lain halnya dengan kondisi motor yang tidak bisa digas tinggi. Ada juga masalah ketika motor ditarik gas mati. Kondisi ini juga tentunya tidak menguntungkan bagi siapapun yang mengalaminya. Seringkali hal ini terjadi saat sedang terburu-buru namun kondisi sepeda motor sedang tidak bersahabat.

Penyebab Motor Ngok Saat Digas

Jangan Pusing. Ini Penyebab Motor Tidak Bisa Digas Tinggi

Kondisi selanjutnya yang juga sering menjadi masalah di bagian gas sepeda motor yaitu motor ngok (ngempos) saat digas. Hal ini membuat seakan-akan sepeda motor kehilangan dayanya sama sekali untuk melakukan pembakaran pada bagian mesin. Apabila biasanya saat gas ditarik mesin akan melakukan pembakaran dengan lebih baik, lain halnya dengan kondisi ini yang mana sepeda motor akan semakin loyo dan tidak bertenaga.

Agar dapat mengetahui cara yang paling tepat untuk mengatasi berbagai macam permasalahan pada gas motor tersebut, Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari terjadinya kondisi-kondisi tersebut.

  1. Adanya masalah pada rantai roda atau v-belt yang biasa dialami oleh motor bebek dan motor matic.
  2. Penggunaan jenis bahan bakar yang tidak sesuai dengan jenis mesin motor yang digunakan.
  3. Tangki bahan bakar yang kemasukan air sehingga bahan bakar bercampur dengan air dan mengakibatkan terjadinya pembakaran yang tidak sempurna.
  4. Terjadi masalah di bagian filter udara.
  5. Kondisi busi yang rusak, menghitam, mati atau tidak terpasang dengan tepat.
  6. Terjadi kerusakan pada bagian sensor injeksi
  7. Fuel pump atau pengirim bahan bakar dari tangki menuju ke mesin dalam keadaan kotor.
  8. Filter bahan bakar dalam keadaan kotor
  9. Adanya masalah pada putaran stasioner
  10. Masalah pada klep motor, mesin motor atau gangguan lainnya yang membutuhkan pembongkaran mesin secara keseluruhan.
  11. Overheating mesin atau keadaan mesin yang terlalu panas sehingga akhirnya terjadi ngok saat mesin digas.
  12. Motor yang terlalu lama tidak digunakan. Dalam keadaan ini, meskipun tidak digunakan untuk berkendara yang jauh, alangkah lebih baiknya jika motor dipanasi secara berkala.
  13. Usia kendaraan yang sudah cukup tua sehingga mempengaruhi kinerja mesin yang kurang maksimal.

Setiap pengguna motor wajib tahu langkah yang paling tepat untuk dilakukan ketika sepeda motor yang dikendarai sedang mengalami masalah. Lakukan pengecekan secara berkalan agar sepeda motor kesayangan tetap mampu menemani Anda secara maksimal. Usahakan untuk melakukan service secara rutin dan gunakan sepeda motor dengan cara yang baik.

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911