Penting! Ketahui 5 Cara Merawat Motor Yamaha Injeksi

oleh | 9 Jan 2021 | Artikel/News

Merawat motor Yamaha injeksi penting untuk diketahui supaya kedepannya biaya perawatan bisa lebih dipangkas sebagai upaya efisiensi Anda. Banyak yang setuju bahwa motor dengan injektor membutuhkan perawatan lebih ekstra dibanding yang tanpa injektor. Hal ini pun bisa dimaklumi karena motor ini telah dilengkapi teknologi modern yang membutuhkan perlakuan berbeda.

Merawat Motor Yamaha injeksi

Jika benar motor Yamaha yang Anda miliki sekarang memiliki mesin injeksi, ketahui lima cara merawat motor Yamaha injeksi berikut.

1. Lakukan Servis Secara Berkala

Lakukan Servis Secara Berkala

Lakukan Servis Secara Berkala

Diawali dengan yang sederhana dulu, yaitu untuk melakukan servis secara berkala. Umumnya saat Anda beli motor Yamaha nanti, akan diberikan jadwal servis gratis. Hanya beberapa kali saja, setelahnya jangan berhenti untuk tidak diservis.

Akan menjadi cara merawat motor Yamaha injeksi yang membutuhkan kekonsistenan. Setiap 2 sampai 3 bulan sekali Anda bisa melakukan servis ini, apalagi jika jam terbang motor Anda nanti tinggi, intensitas ini sangat disarankan.

Jika bukan berpacu pada waktu, bisa juga melakukan servis setiap mencapai seribu kilometer.

2. Memeriksa Kondisi Aki

Memeriksa Kondisi Aki

Memeriksa Kondisi Aki

Tidak kalah pentingnya, aki pada mesin injeksi motor harus tetap bagus supaya performa motornya bagus. Motor Yamaha yang Anda gunakan nanti adalah motor dengan mesin injeksi, mesin yang nyalanya sangat tergantung pada injektor yang terkuatkkan oleh aki.

Dengan prinsip ini, aki menjadi bagian terpenting dalam komponen mesin injeksi pada motor. Bukan hanya untuk memeriksa saja, Anda yang sudah merasa performa berkurang, bisa langsung mengganti aki.

Baca Juga: Harus Tahu, Cara Memanaskan Motor Matic

3. Merawat Motor Yamaha Injeksi Dari Segi Busi

Selain aki, busi juga perlu Anda perhatikan. Untuk Anda yang belum terlalu kenal, busi merupakan komponen yang berguna untuk mematikan api saat motor nyala. Busi ini akan bekerja dengan melakukan pembakaran mesin, itulah mengapa mesin bisa nyala hanya dengan bahan bakar yang terisi.

Apabila busi ini sudah jelek atau butuh penggantian, maka pembakaran yang ada pada motor Anda akan tidak sempurna. Sedangkan jika pembakarannya tidak sempurna, performa motor Yamaha Anda nanti akan kurang maksimal. Rasa-rasa memakainya akan kurang karena motor akan kurang bertenaga. Bisa dibuktikan sendiri suatu saat nanti.

4. Mengganti Oli Secara Berkala

Mengganti Oli Secara Berkala

Mengganti Oli Secara Berkala

Mesin motor yang kekurangan oli alias kering, sangat bisa merusak. Kinerja mesin akan berkurang dan menjadi kurang awet jika terus demikian. Karenanya, salah satu upaya untuk membuat motor Yamaha injeksi awet adalah dengan mengganti oli secara berkala. Hanya butuh waktu sebentar saja untuk melakukan penggantian ini.

5. Hanya Gunakan Bahan Bakar Bagus

Berlaku untuk semua motor, apalagi motor dengan mesin injeksi, sangat baik untuk memakai bahan bakar dengan oktan tinggi. Tentu saja bahan bakar dengan oktan tinggi mencerminkan bahan bakar yang bagus.

Apa manfaatnya? Manfaatnya baik untuk mesin sendiri juga bagus untuk lingkungan. Komponen mesin motor lebih terjaga dengan bahan bakar yang nilai oktannya tinggi. Sedangkan bagi lingkungan, akan lebih bagus karena hasil pembakarannya lebih minim membuang zat-zat yang berbahaya. Overall, semakin tinggi nilai oktan bahan bakar yang Anda gunakan, semakin awet juga mesin injeksi pada motor Anda.

Soal harga memang sedikit lebih mahal, namun akan menjadi upaya yang tidak sia-sia karena rasa-rasanya menggunakan motor dengan BBM bagus akan lebih nyaman.

Mulai dari yang sederhana seperti melakukan servis secara berkala hingga upaya yang bisa Anda lakukan setiap saat, semua usaha merawat motor Yamaha injeksi tersebut bisa Anda andalkan.

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911