Panduan Service Mio M3 125 Blue Core yang Tepat

oleh | 8 Jan 2021 | Artikel/News

Mio M3 125 Blue Core boleh jadi motor yang selama ini sudah Anda impi-impikan, karena memiliki banyak spesifikasi yang berteknologi tinggi. Sekarang ini mimpi Anda sudah terwujud dan bisa Anda rasakan sendiri betapa bagusnya performa motor keluaran Yamaha yang satu ini.

Bicara soal motor injeksi, Yamaha sebelumnya telah merilis Mio J, menjadi pendahulu yang pada saat itu masyarakat terima dengan sangat baik. Menjadi seri pertama dari Yamaha yang lengkap dengan injektor pada mesinnya, kali ini Yamaha luncurkan Mio M3 yang memiliki kapasitas mesin sebesar 125 cc.

Spesifikasi Mesin yang Handal

Spesifikasi Mesin yang Handal

Bukan hanya sebagai produk motor terbaru dari Yamaha saja. Selain memang bisa Anda jadikan motor update an terbaru, Mio M3 125 Blue Core yang Anda gunakan nanti tidak akan mengkonsumsi banyak bensin. Memang benar kapasitasnya sebesar 125 cc, namun konsumsinya sama dengan mesin injeksi dengan kapasitas 110 cc saja. kedengarannya sangat menarik bukan?

Juga bukan soal bensin yang bisa hemat saja ketika Anda pakai nanti, spek sempurna untuk skala motor akan Anda rasakan sendiri.

Baca Juga: Harus Tahu, Cara Memanaskan Motor Matic

Panduan Service Mio M3 125 Blue Core

Panduan Service Mio M3 125 Blue Core

Panduan Service Mio M3 125 Blue Core

Sudah cukup bersenang-senang dan touring dengan motor yang super nyaman ini, saatnya memperhatikan perawatannya dengan cara service. Secara keseluruhan, saat membawa Mio M3 125 Blue Core ini untuk service, akan ada 18 service spesifik yang Anda dapatkan.

Sebelum membahas panduan service ini, sudah tahukah Anda kapan motor Mio M3 Core ini harus menjalani proses service? Intensitasnya adalah setiap mencapai tiga ribu kilometer butuh service. Namun jika lupa kapan hitungannya, Anda bisa melakukan service ini sekali dalam tiga bulan.

Mulai dengan perawatan kampas rem, kampas rem belakang pada seri Mio M3 bisa Anda ganti dengan Xeon RC. Filter udaranya sendiri berjenis filter udara beroli, sehingga tidak butuh Anda bersihkan. Ini perlu Anda ingat, sebab kebanyakkan motor tidak menggunakan jenis filter udara ini. Lalu bagaimana kita bisa memastikan filter udaranya tetap oke nantinya?

Bukan hanya melalui proses pembersihan, namun harus Anda ganti. Effort nya memang lebih besar, namun tenang saja karena penggantian ini harus Anda lakukan setiap kilometer ke lima belas ribu.

Nanti saat Mio M3 milik Anda menjalani proses service, akan ada pencarian masalah dalam sistem injeksinya. Pengecekan ini dilakukan dengan cara yang berbeda, bahkan berbeda pula dengan motor mesin injeksi lain. Adapun caranya adalah dengan dicolokkan di laptop, sangat canggih memang. Dicolokkan dan dicari tahu sistem injeksinya dengan diagnostic tools. Ini digunakan juga kabel dari ECU, setelah dicek akan dipastikan idle set nya berkisar antara 1.400 sampai 1.500 rpm.

Pentingnya Mengecek Pada Kilometer Tertentu

Pentingnya Mengecek Pada Kilometer Tertentu

Pentingnya Mengecek Pada Kilometer Tertentu

Jika sebelumnya Anda mengira bahwa CVT juga harus teknisi periksa, kali ini Yamaha mengeluarkan motor injeksi yang bagian ini tak perlu terlalu Anda perhatikan. Nantinya hanya bagian saringan elemen udara yang menjadi perhatian. Umur sabuk atau v belt juga akan teknisi periksa, hanya saja saat Anda lakukan saat kilometer kelipatan tiga ribu. Puncaknya dilakukan pada kilometer ke dua puluh lima ribu.

Hanya beberapa poin itu saja yang perlu Anda ketahui karena berbeda dengan motor pada umumnya. Saat service berkala nanti tentunya bukan hanya hal-hal tersebut saja yang teknisi periksa atau teknisi lakukan.

Secara keseluruhan. Apa yang akan tim teknisi periksa saat service berkala antara lain oli gearbox, saringan CVT, putaran mesin, penggantian oli mesin, tegangan, charge battery, gerak bebas kemudi, busi, kompresi, kelayakan ban, roda, pelek, hingga indikator pada warning light Mio M3 125 Blue Core.

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911