Perlu Diketahui, Inilah 8 Penyebab Motor Injeksi Mati Mendadak Seperti Kehabisan Bensin

oleh | 31 Agu 2020 | Artikel/News

Penyebab Motor Injeksi Mati Mendadak- Alat transportasi yang sudah sangat menjamur di Indonesia tidak lain dan tidak bukan yaitu sepeda motor. Memang sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang sangat praktis. Tak butuh lahan yang luas untuk memarkirkan alat transportasi ini.

Sayangnya, di balkik kepraktisan sepeda motor, bukan berarti tak ada masalah dalam penggunaannya. Sebagian besar pemilik sepeda motor mungkin pernah mengalami masalah ini. Baik pemiliki sepeda motor matic, motor perseneling atau bahkan motor sport bisa mengalami masalah pada sepeda motor seperti ini.

Perlu Diketahui, Inilah 8 Penyebab Motor Injeksi Mati Mendadak Seperti Kehabisan Bensin

Masalah pertama yang bisa sering dialami yaitu motor seperti kehabisan bensin. Saat akan dinyalakan atau baru dipakai beberapa waktu, tiba-tiba mesin mati. Terasa seperti kehabisan bensin. Emang bener?

Penyebab Motor Injeksi Mati Mendadak Saat Jalan

Perlu Diketahui, Inilah 8 Penyebab Motor Injeksi Mati Mendadak Seperti Kehabisan Bensin

Saat di tengah-tengah perjalanan juga terkadang sepeda motor mati mendadak. Apa mungkin ya kehabisan bensin? Bukannya tadi baru saja diisi.

Perlu Diketahui, Inilah 8 Penyebab Motor Injeksi Mati Mendadak Seperti Kehabisan Bensin

Motor sedang ingin diajak ngebut, nih. Salip kerumunan ini sepertinya akan baik-baik saja dan membuat perjalanan semakin lancar. Eh, tiba-tiba motor tak bisa diajak bekerja sama. Gas yang ditarik seharusnya lebih kenceng ternyata malah semakin mati. Kira-kira kenapa ya?

Penyebab Motor di Tarik Gas Mati

Mungkin Anda sedang mengalami beberapa kondisi di atas. Coba periksa beberapa hal ini yang bisa menjadi penyebab motor mati mendadak saat di jalan dan terasa seperti motor kehabisan bensin.

  1. Fuel Pump Terlalu Lemah

Perlu Anda ketahui bahwa bahan bakar harus disalurkan ke bagian mesin agar bisa bergerak. Ketika fuel pump (pendorong bahan bakar) dalam kondisi yang terlalu lemah, maka tekanan bensin yang memancar juga tidak akan banyak. Aklibatnya mesin terasa berebet seperti kehabisan bensin karena jumlah udara dan bensin yang masuk ke dalam bensin masih terlalu banyak jumlah udaranya.

  1. Kran Bensin Tertutup

Kran bensin berfungsi untuk menyalurkan bensin ke bagian mesin. Ketika mesin mati, kran ini akan tertutup secara otomatis. Apabila Anda memaksa kinerja motor langsung tinggi meski baru saja dinyalakan, bisa saja kran bensin masih tertutup. Cara yang paling tepat yaitu membiarkan bensin tersalur secara perlahan terlebih dahulu, barulah motor diajak dalam kecepatan yang lebih tinggi.

  1. Mesin Terlalu Panas

Beberapa orang juga menyebut kondisi mesin terlalu panas ini dengan sebutan mesin overheat. Sebuah mesin yang sudah terlalu panas tentu kinerjanya akan menurun. Jangan dipaksakan jika tak ingin mendapatkan akibat yang lebih buruk. Berhenti sebentar adalah keputusan yang baik.

  1. Filter Bensin Kotor

Bensin perlu disaring sebelum berpindah dari tanki ke bagian mesin. Hal ini berfungsi untuk menyaring partikel kecil dan endapat kotoran yang ada pada bensin. Ketika filter tertutup oleh kotoran yang terlalu banyak, bensin tidak akan bisa berjalan dengan lancar.

  1. Injektor Kotor

Untuk motor injeksi, bahan bakar akan disemprotkan pada bagian injector. Sedikit kotoran saja dapat menghambat tersalurnya bensin ke mesin.

  1. Pilot Jet Tersumbat

Lain halnya pada motor karburator, bensin dikeluarkan oleh bagian pilot jet. Dan ketika pilot jet tersumbat kotoran, mesin juga akan terasa seperti kehabisan bensin.

  1. Busi Bermasalah

Bagian kecil dari motor yang sering kurang mendapat perhatian yaitu busi. Busi kotor dan busi soak bisa menjadi kendala mesin mati secara mendadak.

  1. Benar-benar kehabisan bensin

Faktor terakhir yang bisa menjadi penyebab yaitu motor benar-benar kehabisan bensin. Anda bisa memeriksa di bagian fuel indicator atau langsung lihat ke bagian tanki motor di dealer terdekat atau service untuk memastikan hal tersebut.

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911