Banyak Yang Belum Tahu, Ternyata Ini 8 Penyebab Motor Matic Bunyi Saat DiGas

oleh | 2 Sep 2020 | Artikel/News

Banyak Yang Belum Tahu, Ternyata Ini 8 Penyebab Motor Matic Bunyi Saat DiGas– Skuter matic merupakan salah satu jenis sepeda motor yang saat ini memiliki cukup banyak peminat. Bisa dilihat saja di jalan raya sudah bisa kita temui dengan mudah sepeda motor matic yang berkeliaran. Pengguna sepeda motor matic memang lebih beragam karena bisa digunakan oleh tua muda, laki-laki, dan juga perempuan.

Suara Mesin Motor Bunyi Saat Digas

Banyak Yang Belum Tahu, Ternyata Ini 8 Penyebab Motor Matic Bunyi Saat DiGas

Sebagai pengguna sepeda motor matic, mungkin Anda sering mengalami bunyi mesin motor yang tidak mulus alias terdengar bunyi yang cukup kasar saat sedang dikendarai atau digas. Tentu saja kondisi ini membuat rasa yang tidak nyaman ketika sepeda motor matic sedang dikendarai, bukan? Lantas apa saja sih penyebab skuter matic bisa mengalami suara yang kasar ini?

Penyebab Bunyi Mesin Motor Matic 

Banyak Yang Belum Tahu, Ternyata Ini 8 Penyebab Motor Matic Bunyi Saat DiGas

Nah, apa saja sih penyebab suara motor matic yang kasar saat digas, berikut ini penyebabnya.

  1. Roller

Kondisi pertama yang bisa menyebabkan timbulnya suara yang tidak enak didengar saat gas ditarik pada motor matic yaitu roller yang sudah peyang. Kondisi ini biasanya ditimbulkan ketika roller sudah tidak berbentuk seperti semula. Yang tadinya berbentuk bulat, bisa jadi sudah hancur tidak berbentuk. Akibat lain yang juga bisa ditimbulkan selain suara yang tidak enak didengar yaitu performa motor yang menurun.

  1. Sabuk V-belt

Kondisi selanjutnya yaitu saat sabuk v-belt sudah aus. Ketika sabuk v-belt aus, timbul suara yang mengganggu di bagian CVT. Seakan-akan terdengar seperti rantai yang kendur. Hal ini mengakibatkan tutup CVT atay crankcase sering tergesek belt. Akibat lain yang bisa ditimbulkan selain suara kretek-kretek itu adalah akselerasi awal yang selip.

  1. Plastik Slider Menutupi Rumah Roller

Bukan hanya karena roller yang bermasalah hingga timbul suara berisik di bagian CVT, tetapi ketika plastic slider ternyata menutupi bagian roller juga bisa menjadi sumber suara berisik karena bor yang sudah aus.  Jika dibiarkan terlalu lama, bunyinya bisa semakin keras dan bisa menimbulkan getaran dan gerakan pelat tutup roller semakin tidak stabil.

  1. Secondary Sliding Shaves

Secondary Sliding Shaves atau juga yang disebut Face Set Moveable yang tidak lagi memiliki kondisi yang bagus. Bagian ini berfungsi mendorong belt, tetapi kenyataannya malah aus.

  1. Kampas Kopling

Sering-sering perhatikan kampas kopling Anda. Kampas kopling yang sudah menipis bisa menimbulkan suara berdecit dan tidak nyaman didengar. Biasanya mesin sudah terlihat bekerja sangat keras tetapi ternyata tarikan tidak terlalu kencang.

Bunyi Krik Krik Pada Motor Matic

  1. Mangkok Kopling (Cluth House)

Casing dan mangkok kopling seringkali perlu direkatkan kembali agar tidak timbul bunyi yang mengganggu. Memang terkadang dalam waktu yang cukup lama, lem perekat kedua bagian ini bisa habis. Cara mengatasinya juga cukup mudah, yaitu hanya perlu memberikan lem (seperti lem besi) pada bagian tersebut.

  1. Gearbox

Selanjutnya yang bisa menjadi penyebab timbulnya bunyi pada motor matic yaitu kondisi gearbox yang sudah aus. Hal ini menyebabkan timbulnya celah antar mata gigi dan kondisinya juga semakin tidak presisi. Dari sinilah timbulnya bunyi yang tidak enak untuk didengar.

  1. Gas berlebihan

Dan yang terakhir yaitu kondisi yang dianggap lumrah tetapi sebenarnya membuat performa motor bisa menurun yaitu gas yang berlebihan. Jangan gunakan motor matic Anda untuk segera melaju dengan kencang setelah dari kondisi diam. Hal ini lama kelamaan bisa membuat suara motor matic menjadi kasar.

 

Banyak Yang Belum Tahu, Ternyata Ini 8 Penyebab Motor Matic Bunyi Saat DiGas

Bunyi krik krik atau suara kasar pada mesin motor matic sebenarnya dapat dicegah dengan cara yang tepat. Anda perlu menggunakan motor matic dengan cara yang tepat serta lakukan perawatan secara berkala. Penggunaan oli yang tepat juga bisa mempengaruhi kinerja dari motor matic sendiri. Apabila anda mendengar Bunyi pada motor matic anda saat Digas jangan lah menganggap sepele karena bisa merusak motor anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911