Kelas sepeda gunung tanah air memang di dominasi oleh pabrikan Kawasaki KLX yang tentunya menyebar ke pelosok dan Honda menyusul seri CRF, keduanya bermain di kelas 150cc. Lantas Yamaha? Sejauh ini sepeda gunung kelas 150cc pabrikan Jepang ini belum muncul di Indonesia, namun bukan berarti Yamaha tidak bermain di kelas ini dan tidak berkompeten.

Desain dan Dimensi

Di rancang sebagai motor petualangan, sepeda gunung terbaru Yamaha ini menggunakan spakbor depan dengan moncong yang lebih panjang. Lalu headlampnya juga ada di depan, cuma sayang yamaha masih menempel bohlam model standar, bukan ke LED yang banyak di pakai di motor-motor terbaru. Di atas, Yamaha tidak membutuhkan visor kecil, tetapi bagian ini membuatnya lebih sporty.

Pindah ke tengah, pasang tangki yang terbungkus dengan penutup berlubang, yang dapat mendinginkan mesin secara maksimal saat berkendara. Sedangkan untuk joknya berbeda dari  yang lain karena XTZ 150 Crosser memiliki jok berlapis busa tebal dan pijakan kaki di sisi kanan dan kiri, bahkan hingga garis belakang, di desain untuk memberikan kenyamanan lebih bagi penggunanya.

Dari segi ukuran, track bike terbaru Yamaha ini tidak jauh berbeda dengan kompetitornya, berukuran panjang 2050mm, lebar 830mm, dan tinggi keseluruhan  1140mm, di tambah dengan stang lebar dan tinggi yang memberikan kontrol penuh bagi penggunanya. Selain itu, XTZ 150 Crosser hanya berbobot 133 kg dengan semua yang disertakan, termasuk tangki bahan bakar 12 liter, membuatnya semakin gesit di medan kasar.

Mesin injeksi bahan bakar terpasang dengan nyaman di trek XTZ 150. Meski terlihat kecil daripada dengan semi-twin yang dibawanya, mesinnya menggunakan teknologi SOHC dengan mesin 2-katup 4-tak. perpindahan 149cc mampu menghasilkan tenaga yang konsisten.

Dalam pengujian, ini menunjukkan bahwa daya maksimum yang dapat di kirim hingga 12,2bhp pada 7500rpm, di ikuti oleh torsi puncak 1,28kgf.m pada 6000rpm. Berdasarkan hasil tersebut, para pecinta motor tentu akan merasa lebih percaya diri di jalanan. Selain itu, padupadan dengan kopling manual multi-pelat basah 5-percepatan, yang membuat akselerasi lebih stabil.

Selain itu, teknologi terbaru sistem pasokan bahan bakar roda pembakaran dapat mengurangi konsumsi bahan bakar jauh lebih efektif. Sehingga Anda tidak perlu ragu atau khawatir kehabisan bahan bakar saat mengendarai XTZ 150 dengan kecepatan tinggi.

Fitur yang Tersedia

Tampilannya tangguh dan benar-benar keren, semakin terlihat bagus jika padupadan dengan speedometer digital dan manual presisi tinggi. Tidak ketinggalan juga berbagai indikator yang juga ada di layar kecil yang user-friendly ini. Kemudian, melihat tangki, Anda akan menemukan kap mesin dengan ventilasi yang tidak hanya meningkatkan penampilan. Akan tetapi juga membantu mendinginkan mesin dengan lebih efisien.

Di sisi dapur, inilah harga Yamaha XTZ 150 yang lengkap dengan teknologi injeksi bahan bakar. Sehingga meningkatkan konsumsi bahan bakar dan juga membuat mesin lebih efisien. Kemudian pasang lampu depan dan visor bergaya V di bagian depan Yamaha. Spatbornya meruncing ke depan dengan panjang yang membedakannya dari motor balap kelas 150 lainnya.

Jika melihat harga Yamaha XTZ 150 Crosser, bisa di bilang terlalu mahal. Hal ini karena harga Honda dengan indikator yang sama di bidang mesin dan suspensi depan yang lebih baik lagi berada di bawah angka tersebut.

Kunjungi Dealer Motor Yamaha terdekat di sekitar Anda jika Anda ingin mendapatkan motor ini. Ataupun jika Anda ingin mendapatkan merk motor lainnya dari Yamaha juga bisa Anda dapatkan di sini.