Segera Cari Tahu, Kenapa Knalpot Jupiter Bunyi Nembak

oleh | 5 Okt 2020 | Artikel/News

Knalpot Jupiter bunyi nembak – nembak. Pernyataan seperti ini memang sering kita dengar. Namun sebenarnya semua kendaraan bermotor mempunyai potensi yang sama, knalpot bunyi nembak. Apalagi pada mesin motor yang masih menggunakan sistem karburator, seperti pada Jupiter keluaran sebelum tahun 2012. Kali ini kita ulas apa sebabnya dan bagaimana solusinya.

knalpot jupiter bunyi nembak

Fungsi Knalpot

Canal port atau canal pot yang kemudian kita biasa menyebut dengan knalpot merupakan komponen penting pada kendaraan bermotor. Meskipun saat ini sudah banyak modifikasi namun tetap harus dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Fungsi knalpot pada motor itu sebagai berikut :

Saluran Pembuangan

Proses pembakaran pada mesin motor selalu menghasilkan gas sebagai bagian dari hasil pembakaran. Gas ini harus dibuang atau dibawa keluar dari ruang pembakaran. Knalpot ini lah yang menjadi saluran pembuangan gas emisi dari ruang pembakaran ke udara bebas.

 Peredam Suara

Proses pembakaran pada mesin motor pasti menimbulkan ledakan-ledakan. Semakin besar kapasitas mesinnya maka semakin besar pula ledakan-ledakan yang dihasilkan. Suara ledakan dalam ruang pembakaran ini harus diredam agar tidak memekakan telinga orang-orang di sekitarnya. Jadi, knalpot inilah yang bertugas untuk meredam suara ledakan itu dalam mekanisme kerja motor.

Penyaring Polusi Udara

Emisi yang dihasilkan dari pembakaran merupakan senyawa yang berbahaya bagi kesehatan. Perkembangan teknologi saat ini sudah sedemikan rupa sehingga knalpot dapat difungsikan juga sebagai pengurang atau penyaring emisi gas tersebut dengan mengkonversi carbon. Ada beberap produk knalpot yang sudah melengkapi diri dengan catalityc converter, yang berfungsi untu mengkonversi cabon tadi agar lebih ramah lingkungan.

knalpot jupiter bunyi nembak

BACA JUGA : Banyak Yang Belum Tahu, Ternyata Ini 8 Penyebab Motor Matic Bunyi Saat DiGas

Penyebab Knalpot Jupiter Bunyi Nembak

Jupiter sejak awal diluncurkan tahun 2000-an hingga tahun 2012 masih menggunakan karburator pada mesinnya. Motor Jupiter yang mengeluarkan bunyi nembak memang lebih banyak terjadi pada produk keluaran tahun tersebut. Berikut ini beberapa penyebabnya :

Campuran Bahan Bakar 

Motor memerlukan bahan bakar yang dalam proses pencampurannya dengan oksigen memerlukan komposisi yang tepat. Suplai bahan bakar sistem ini menggunakan karburator. Apabila bensin yang dipasok lebih sedikit daripada udara yang masuk, maka proses pembakarannya tidak lagi sempurna. Ini lah yang menyebabkan suara seperti tembakan itu keluar.

Busi Kotor Jadikan Knalpot Jupiter Bunyi Nembak

Penggunaan busi yang tidak layak pakai, kotor, rusak atau usang juga sebagai penyebabnya. Sisa atau efek dari pembakaran akan menimbulkan kerak pada ujung busi. Demikian juga bila busi dalam kondisi yang selalu basah, entah karena air atau bahan bakar. Untuk menjalankan fungsi sebagai pemicu pembakaran, elektroda pada busi memerlukan kondisi yang kering dan bersih. Apabila busi penuh kerak atau basah maka menimbulkan suara seperti tembakan pada knalpot.

knalpot jupiter bunyi nembak

Karburator Tidak Normal

Sebagai komponen pemasok dan pencampur bahan bakar dengan udara, karburator harus dalam kondisi yang bagus. Salah satu komponen di dalam instrumen karburator ini ada yang tidak bekerja normal maka akan mengakibatkan hasil pasokannya akan bermasalah. Komponen yang dimaksud adalah klep yang terbuat dari karet atau komponen lain di dalamnya.

Knalpot Bocor Knalpot Jupiter Bunyi Nembak

Suara ledakan sebagai hasil pembakaran, seharusnya bisa diredam oleh knalpot. Karena knalpot ada yang bocor maka suara ledakan itu tidak bisa diredam dengan sempurna. Biasanya kebocorannya ini ada di ujung atas knalpot.

knalpot jupiter bunyi nembak

Solusi Pada Knalpot Jupiter Bunyi Nembak

Dari penjelasan di atas maka langkah yang bisa dilakukan adalah :

  • Seting baut setelan pencampuran bahan bakar dengan udara sebaik mungkin
  • Bersihkan karburator sampai bagian terkecilnya
  • Bersihkan filter udara
  • Pastikan kondisi busi dalam keadaan bersih tidak ada kerak
  • Untuk mesin yang sudah memakai teknologi injeksi, agar segara di bawa ke bengkel resmi untuk mendapatkan maping dan penyetelan khusus
  • Apabila diperlukan penggantian pada beberapa komponen, pastikan spare-part yang Anda beli dan pakai adalah spare-part yang original. Pastikan itu di sini.

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911