Cara Agar Minyak Rem Belakang Vixion Tidak Cepat Habis

oleh | 28 Nov 2020 | Artikel/News

Minyak rem belakang Vixion menjadi salah satu keluhan yang dirasakan penggunanya. Biasanya yang sering terjadi adalah kebocoran minyaknya. Mungkin sebenarnya tidak bocor secara langsung, tetapi minyak rem berkurang atau malah kemudian cepat habis. Simak ulasannya di bawah ini yang akan memabntu kamu untuk mengantisipasi dan mengatasi permasalahan tersebut. Sebelumnya, kamu juga perlu tahu penyebab terjadinya kebocoran itu.

Minyak rem belakang Vixion

Penyebab Minyak Rem Belakang Vixion Cepat Habis

Rem merupakan komponen penting pada motor karena menyangkut keselamatan penggunanya. Rem cakram yang diklaim lebih pakem dalam pengereman pun tetap mempunyai kelemahan. Salah satu kelemahannya adalah memerlukan perawatan yang cukup ekstra dibanding rem sistem tromol. Apabila tidak dilakukan perawatan yang rutin, maka rem cakram akan sangat berbahaya bagi pengendaranya.

Salah satu cara perawatan rem cakram yang mudah adalah memeriksa ketersediaan oli rem, apakah masih dalam batas yang disarankan atau sudah berkurang. Kalau berkurang tentu harus segera dilakukan pengisian oli rem. Masalah lain akan muncul bila intensitas pengisian oli rem ini semakin rapat atau sering dilakukan, tidak seperti biasanya. Hal ini menandakan ada ketidak beresan dalam sistem pengereman.

Minyak rem belakang Vixion

Faktor Mekanis Rem Cakram

Kondisi-kondisi seperti di atas biasanya sering terjadi pada rem belakang. Bila itu yang terjadi, penyebab berkurangnya minyak rem belakang Vixion adalah :

  • Seal Master Rem
    Komponen ini fungsinya untuk menekan minyak rem dari tabung atas ke sistem pengereman. Kebocoran minyak rem bisa terjadi di komponen ini, yang terdiri dari karet dan per. Kebocoran di komponen ini biasanya hanya berupa rembesan. Bila rembesan ini dibiarkan maka karetnya yang akan “jadi korban” terlebih dahulu.
  • Nipel
    Kondisi nipel dan ring pengganjal yang aus akan menyebabkan minyak rem merembes melalui komponen ini. Di dalam nipel dan master rem juga bisa terjadi pengembunan yang kemudian akan membuat komponen ini berkarat. Dengan berkaratnya komponen ini maka kemungkinan terjadi rembesan miyak rem juga besar. Pengembunan ini terjadi karena minyak rem yang mengalami panas terus menerus saat pengereman.
  • Selang
    Selang yang sudah aus apalagi selalu bekerja dengan tekanan yang terus menerus maka selang bisa mengembung dan kemuadian akan pecah.
  • Kampas Rem
    Pemakaian secara terus menerus akan membuat rem cakram menipis. Kondisi ram cakaram yang tipis membuat kebutuhan minyak rem semakin banyak di kaliper dan kepala babi.

Minyak rem belakang Vixion

Kebiasaan Berkendara – Minyak Rem Vixion Cepat Habis

Ada sebagian dari kita secara tidak sadar selalu menggunakan atau menekan ppedal rem pada kondisi yang tidak seharusnya. Telapak kaki setengah menekan pedal rem akan membuat sistem pengereman tetap berjalan. Berarti itu sama saja dengan mengalirkan minyak rem ke sistem pengereman di cakram. Oleh karena itu bila memang tidak memerlukan pengereman atau mengurangi kecepatan motor, akan lebih baik bila melepaskan atau sedikit mengangkat telapak kaki kita dari pedal rem.

BACA JUGA : Cukup Amankah NMax Pakai Pertalite 

Solusi Yang Harus Dilakukan

  • Lakukan penggantian kampas rem secara rutin, sesuai siklus yang ditentukan pada buku pedoman penggunaan motor. Biasanya memerlukan penggantian bila sudah mencapai 12.000 kilometer atau satu tahun pemakaian.
  • Pilihlah minyak rem yang disyaratkan. Jangan mudah tertipu dengan produk-produk yang “terlalu berinovasi” namun masih belum teruji.
  • Apabila dilakukan penggantian spare part, pastikan spare part yang kamu ganti itu adalah roduk asli dari Yamaha untuk Vixion. Check keasliannya di sini.

Minyak rem belakang Vixion

Tips Singkat

Dalam kondisi tertentu, tanpa kita duga rem cakram bisa saja blong. Untuk rem blong seperti itu, ikuti tips singkat berikut ini.

  • Jangan menyiramkan rem cakran yang sedang dalam kondisi panas (dari pengereman). Apabila dilakukan pengereman secra langsung maka cakram akan rusak. Muai susutnya akan berlangsung sangat cepat. Sebaiknya tunggu beberapa saat sampa suhu cakram mendingin, baru dilakuakn penyiraman untuk mempercepat pendinginan.
  • Salah satu penyebab rem blong adalah minyak rem yang sudah tidak layak pakai. Segera ganti minyak rem bila warna minyak rem terlihat keruh, dan juga pengereman terasa tidak pakem.

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911