Kredit Motor Yamaha juga menyediakan motor Yamaha terbaru dengan spesifikasi motor yang sangat keren dan pastinya Anda puas mengendarainya. Bagi Anda yang sering berkendara dan menggemari balapan MotoGP, tentu sudah sering mendengar istilah ini.

Kemampuan ini juga sering ditemui di road race. Bagi yang masih belajar keterampilan menikung, sebaiknya tidak dilakukan di jalan umum, karena dapat membahayakan pengendara lain.

Apa Itu Cornering Pada Tikungan

Cornering adalah teknik melahap tikungan sudut dengan cepat. Caranya, pengendara menurunkan posisi badan dan sepeda motor agar miring. Pembalap Moto GP sering menggunakan teknik ini.

Dalam dunia balap, menikung merupakan aktivitas yang mengasyikkan bagi para pembalap pemula. Alasannya adalah Anda harus selalu pintar untuk mengendalikannya. Anda juga harus tahu bahwa meski di belokan yang gagal, risiko cedera cukup tinggi.

Tips dan Trik Cornering dengan Benar

Untuk  menjadi pembalap profesional, Anda harus memiliki keterampilan cornering. Untuk melakukan ini, pahami teknik dan tips untuk melakukan keterampilan ini. Berikut adalah beberapa trik yang dapat Anda coba di tempat yang tepat:

1.     Proses downshiftting (turun gigi)

Untuk melakukan ini, pertama-tama gunakan rem depan dan belakang dan lepaskan pedal gas. Setelah itu, pelan-pelan sebelum sepeda motor mencapai tikungan. Jika sepeda motor anda masih bertenaga dan melaju lurus, pastikan  kopling dilepas terlebih dahulu. Throttle juga harus halus sebelum Anda mencapai tujuan berikutnya.

2.     Proses out to in

Arahkan sepeda motor Anda dari  luar jalan  ke bagian dalam tikungan, juga dikenal sebagai outside-in. Istilah ini juga dikenal sebagai persegi ketika mencapai sudut.

Saat mengendarai sepeda motor di jalan utama ada dua arah, yaitu  kiri dan kanan. Jadi saat sepeda motor Anda masuk tikungan  kanan, ada trotoar atau trotoar di luar tikungan. Namun, bagian dalamnya adalah yang mendekati marka perkerasan tetapi tidak melewatinya. Di sisi lain

Di sini, bagian luar pada dasarnya dapat berguna bagi pengendara, karena menawarkan ruang dan sudut pandang yang luas di tikungan. Keluar masuk sangat diperlukan untuk kesuksesan kurva.

3.     Perhatikan kontrol tubuh

Saat menikung, Anda harus mengubah pusat gravitasi tubuh. Dalam dunia balap, istilahnya adalah body control. Teknik ini tergantung pada trek yang digunakan, apakah itu jalan atau trek.

Saat berkendara di jalan raya, jangan memaksakan tubuh atau melewati bokong. Ini dapat membuat mengemudi menjadi sulit. Dengan demikian,  Anda dapat terhindar dari kecelakaan saat terjadi gangguan atau bahaya yang tidak terduga di jalan saat menikung. Anda hanya perlu mengubah posisi duduk menjadi lebih fleksibel untuk ditekuk.

4.     Mengarahkan pandangan ke tikungan

Untuk melihat jauh ke depan, Anda harus menengok atau menoleh, terutama pada ruas jalan yang hendak Anda lewati. Perlu ditekankan bahwa saat Anda berjalan, Anda cenderung menuju ke arah  yang Anda inginkan. Jadi ketika Anda pergi ke suatu sudut, lihatlah ke sudut itu.

5.     Counter steering

Setang harus di dorong ke arah belokan yang ingin Anda lakukan, terutama saat melihat kepala. Proses ini di sebut kontrol balik. Cara ini bisa dengan mudah Anda lakukan dengan cara menekan atau mendorong setir kiri saat ingin berbelok ke kiri dan sebaliknya. Dasar dari kontrol motor yang Anda gunakan adalah kontrol umpan balik.

6.     Grip gas motor

Mengoperasikan sepeda motor saat sepeda motor berbaring atau berputar. Buka gagang mesin secara hati-hati dan teratur untuk menjaga kestabilan dan kecepatan sepeda motor agar tidak terjadi perlambatan. Sehingga motor yang Anda kendarai  tetap stabil.

Kesalahan yang harus Anda hindari adalah tiba-tiba membuka pedal gas di tikungan. Ini karena justru bisa menabrak sepeda motor dan menekan suspensi dan ban depan. Bahayanya ban belakang tidak lagi menahan aspal dan tidak selip.

Jadi, bagi Anda yang berniat membeli motor  terbaik,  kami merekomendasikan motor Yamaha sebagai salah satu pilihan terbaik dan dapatkan motor terbaik ini di Kredit Motor Yamaha.