Berapa Kapasitas Air Radiator Vixion Yang Baik

oleh | 30 Nov 2020 | Artikel/News

Kapasitas air radiator Vixion perlu jadi perhatian bagi pengguna motor gagah ini. Karena untuk merawat motor kesayangan terlebih dahulu harus mengetahui kapasitas air radiator motornya. Perawatan yang tepat tentu akan membuat performa motor tetap terjaga. Lalu, berapa sih kapasitasnya ? Apa fungsinya ? Ikuti terus artikel ini yang akan menambah wawasanmu seputar Vixion ini.

Kapasitas Air Radiator Vixion

Fungsi Radiator Dan Komponennya

Air Radiator adalah cairan yang berfungsi untuk menghantarkan panas dari proses pembakaran di mesin ke sirip-sirip radiator. Pada sirip-sirip ini cairan panas tadi akan didinginkan oleh udara dan atau kipas. Setelah itu dialirkan kembali ke mesin seperti proses sebelumnya. Secara umum air radiator ini merupakan media untuk mendinginkan mesin agar tidak overheat.

Pada umumnya motor yang telah menggunakan radiator adalah motor dengan kapasitas minimal 150 CC. Radiator lebih diperlukan untuk motor berkapasitas mesin yang besar karena memang pembakarannya juga lebih besar. Sehingga diperlukan sistem pendingin agar performa mesin tetap terjaga pada suhu yang tepat.

Kapasitas Air Radiator Vixion Dan Komponen Pendukung

Batasan panas pada mesin yang sesuai standar agar performa motor tetap terjaga adalah 90° C. Bila lebih dari itu maka motor akan overheat. Ketika terjadi overheat, diperlukan pemeriksaan komponen yang lain, apakah ikut terdampak atau tidak.

Kapasitas Air Radiator Vixion

Sesuai dengan standar yang ada, penggantian air radiator harus dilakukan setiap mencapai 9.000 – 10.000 kilometer. Atau, kalau memang air radiator sudah pada garis minimal yang ditentukan sebaiknya ditambahkan saja. Kalau mau mengganti yang tersisa dengan cairan yang baru juga lebih baik.

Tips Perawatan Radiar

  • Memilih air radiator yang bagus adalah dengan memilih air yang mengandung glycol. Kandungan glycol pada air radiator akan lebih meningkatkan titik didih dan juga dapat menurunkan titik beku.
  • Dalam perawatan radiator, memeriksa ketersediaan air radiator adalah hal uang mutlak. Dalam pemeriksaan itu kita bisa tahu bahwa kapasitas air radiator juga bisa berkurang. Selain karena ada penguapan, adahal lain yang perlu mendapat perhatian agar tidak ada kebocoran pada komponen radiator terutama yang menggunakan media air untuk pendinginnya. Jangan lupa untuk memeriksa seal pada pompa radiator.

Kapasitas Air Radiator Vixion

  • Bahannya yang terbiat dari karet memungkinkan terjadi kekakuan pada seal akibat usia dan terkena panas secara terus menerus. Ketika seal itu kaku, dan juga getas, maka pada pompa air radiator bisa terjadi kebocoran. Apabila terjadi kebocoran maka air radiator otomatis akan cepat habis. Oleh karena itu segera lakukan penggantian seal pompa radiator agar kapasitas air radiator tetap terjaga.

BACA JUGA : Efek Pemasangan V-Belt Terbalik, Begini Akibatnya


Kapasitas Air Radiator Vixion

  • Apabila memang diperlukan penggantian komponen- komponen, pastikan komponen tersebut adalah asli buatan Yamaha. Kamu bisa memeriksa asli atau tidaknya dengan melihat di sini.

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911