Dealer motor Yamaha perawatan ban motor, baik  matic maupun manual, sebaiknya dilakukan sedemikian rupa agar kenyamanan dan keamanan berkendara tidak terganggu selama perjalanan. Pemilik kendaraan roda dua memiliki beberapa tips merawat ban sepeda motor agar pengalaman berkendara lebih optimal.

Perawatan ban sepeda motor sebenarnya cukup sederhana dan bisa dilakukan sendiri. Namun, sebagian pemilik sepeda motor tidak tahu apa-apa tentang komponen yang satu ini. Perawatan ban sepeda motor pada gilirannya dapat menjaga kenyamanan dan performa  sepeda motor itu sendiri. Jadi apa  yang harus Anda lakukan untuk merawat ban sepeda motor Anda? Berikut tips lengkapnya.

1. Periksa Penampilan Luar Ban

Dealer Motor Yamaha

sumber: kompas

Jika ban retak, sobek, rusak karena benda asing atau rusak, segeralah ganti ban ke bengkel resmi atau terpercaya.

2. Perhatikan Usia Ban

Secara umum usia ban boleh 5 tahun, namun pengendara tetap harus memperhatikan kondisi ban, apalagi jika pengendaranya aktif dan rutin menggunakan sepeda motor matic atau manual, dan sering berkendara di jalan yang kasar.

Selain  tampilan ban tanpa retak, pengendara juga bisa melihat umur ban dari kode produksi di bagian samping ban sepeda motor. Terdiri dari  4 digit kode yang menunjukkan tahun dan minggu pembuatan. Misalnya, kode Gear Yamaha adalah 0422, yang berarti ban tersebut diproduksi pada minggu ke 4 atau  Januari  2022.

3. Periksa Ketebalan Alur Ban

Ban memiliki indikator keausan tapak (TWI = Tread Wear Indicator) dengan tanda segitiga “▲” di sisi ban. Jika ada tanda-tanda keausan  di permukaan, retakan ban hampir tidak dapat berfungsi sebagai drainase di cuaca hujan, sehingga sangat disarankan untuk menggantinya dengan ban baru.

4. Periksa Tekanan Udara

Dealer Motor Yamaha

kompas

Anda dapat mengukur tekanan ban dalam kondisi dingin dengan pengukur tekanan ban. Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan ukuran dan tipe sepeda motor yang tertera pada buku panduan pemilik, misalnya pada  skutik Yamaha Gear 125,  tekanan standarnya adalah 29 Psi untuk ban depan dan 33 Psi untuk ban belakang. Tekanan  ban yang ideal  menjaga stabilitas dan kenyamanan, terutama pada kecepatan dan putaran tinggi, serta memperpendek umur ban.

5. Gunakan Ban yang Memenuhi Standar

Selalu gunakan ban yang memenuhi rekomendasi pabrikan untuk menghindari penurunan performa sepeda motor yang dapat menyebabkan bahaya berkendara.

6. Sesuaikan Beban dan Kapasitas Beban Ban

Periksa kapasitas beban ban sepeda motor sebelum berkendara untuk menghindari kelebihan beban yang berbahaya saat berkendara. Pengemudi dapat melihat kapasitas muat ban sepeda motor dari angka tiga digit  setelah informasi ukuran ban.

Kode ini menunjukkan batas kecepatan maksimum dan beban maksimum yang direkomendasikan untuk penggunaan ban yang aman. Misalnya Yamaha Gear 80/80-14M/C 43P, dimana 3 digit terakhir 43P berarti: 43 = Beban maksimum 155 kg

P = Batas kecepatan maksimum 150 km/jam

Atau contoh lain, Yamaha Nmax misalnya menggunakan kode

48P ( depan ) dan belakang 63P  yang artinya :

48 = Beban Maksimum : 180kg

63 = Beban Maksimum : 272kg

Nah, ban motor gampang perawatannya kan? Yuk, mulai rawat motor Yamaha terbaik Anda sekarang! Jika Anda mendapatkan berbagai merk motor Yamaha terbaru yang keren dan berkualitas maka dengan mudah dapatkan di Dealer Motor Yamaha terdekat di sekitar Anda. Salah satunya yaitu dealer motor Yamaha di Yamahamu.