Dealer Motor Yamaha mengatakan kalau baru saja Yamaha mengumumkan motor baru bernama XSR155. Yang membedakan XSR155 dari motor sport Yamaha lainnya adalah desainnya. Motor ini memiliki desain bergaya retro yang membuatnya  lebih istimewa dari motor sport Yamaha lainnya.

Yamaha XSR 155 pertama kali dirilis di Thailand. Tidak menutup kemungkinan juga akan segera hadir di Indonesia, melengkapi jajaran motor sport dari Yamaha di kategori 150cc. Selanjutnya, XSR155  bersaing melawan Kawasaki W175. Target utama Yamaha adalah para pecinta fashion yang menyukai motor bergaya custom.

Yamaha XSR155 dapat dimodifikasi menjadi gaya yang berbeda dari Scramber, Tracker hingga Cafe Racer. Spesifikasinya juga cukup memuaskan karena menggunakan mesin yang sama dengan MT-15 dan R15.

Mesin memiliki kapasitas 155 cc dan dilengkapi dengan teknologi VVA dan bantu serta sandal. Artinya kita bisa merasakan sensasi mengendarai Yamaha R15, namun dengan  desain bergaya retro. Lihat di bawah untuk spesifikasi lengkapnya.

Spesifikasi Yamaha XSR155

Yamaha memiliki banyak  motor sport di kategori 150cc seperti Yamaha R15, Yamaha Vixion R, Yamaha MT-15 dan Yamaha Xabre. Kehadiran XSR155  menambah jagoan motor Yamaha di kelas 150cc. Motor ini terlihat sempurna, menawarkan desain yang sangat keren dan dilengkapi dengan banyak  fitur canggih.

Performa Mesin

Para pecinta motor sudah lama menantikan motor retro Yamaha. Bahkan, Yamaha cukup telat memperkenalkan motor bergaya retro ke dalam kategori 150cc. Ini karena Honda lebih dulu merilis Honda CB150R ExMotion, lalu Kawasaki  W175.

Meski terlambat datang, Yamaha XSR155 di Indonesia tetap menarik untuk ditunggu. Pasalnya motor ini tak hanya bergaya retro tapi juga sarat fitur dan dibekali mesin 155cc yang bertenaga dan responsif.

Mesin menggunakan Yamaha R15 dan Yamaha MT-15. Jika konfigurasinya memiliki mesin 4 tak 1 silinder 4 katup dengan sistem pendingin cair. Mesin SOHC  memiliki kapasitas 155 cc, tenaga maksimum 19 tenaga kuda pada 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm.

Tenaga dan torsi dikirim ke roda belakang melalui gearbox manual 6-percepatan. Untuk membuat perpindahan gigi lebih halus dan kopling lebih ringan, Yamaha telah melengkapinya dengan fungsi assist dan slip clutch.

Sistem pembakaran injeksi bahan bakar dan teknologi VVA (Variable Valve Actuation) semakin memaksimalkan efisiensi mesin Yamaha XSR155 sehingga tenaga dan torsi dapat dimaksimalkan di semua putaran mesin.

Body Design

Berbicara soal desain, Yamaha XSR155 menawarkan desain bergaya retro dengan headlamp  bulat yang sudah menggunakan lampu LED dan dilengkapi DRL. Lampu depan membuat  XSR155 semakin istimewa dengan sentuhan klasik modern yang sangat kental.

Yamaha XSR155 juga kental dengan garis lintasan. Hal ini tercermin dari jenis ban yang di gunakan. Motor ini menggunakan ban ganda yang bisa di andalkan di berbagai jalan. Dimensi ban juga besar, yang meningkatkan stabilitas.

 Suspensi dan Rem

Sebuah sepeda sebanding dengan Yamaha XSR155 menggunakan suspensi depan terbalik. Suspensi yang sama di gunakan pada Yamaha MT-15 dan Yamaha R15. Tidak hanya bagian depan yang sama, tetapi bagian belakang juga sama persis, menggunakan swingarm aluminium dan monoshock.

Sepeda ini tidak memiliki teknologi ABS. Kekurangan ini tidak menjadi masalah karena membuat harga Yamaha XSR155 menjadi lebih terjangkau. Untuk rem mengandalkan rem cakram depan dan belakang berdiameter cukup besar.

Seperti pemaparan di atas, Yamaha XSR155 menggunakan ban ganda. Di mana bagian depan  berukuran 110/70-17 M/C 54S dan bagian belakang berukuran 140/70-17 M/C 66S. Sayangnya, roda masih berfungsi. Tentu saja, jika hanya roda spoked yang di gunakan, itu akan terasa lebih  klasik.

Pasar sepeda motor sport retro di Indonesia berkembang sangat pesat. Oleh karena itu, Yamaha terpaksa memasarkan motor ini di Indonesia untuk bersaing dengan Kawasaki W175 atau motor bergaya retro lainnya. Dapatkan motor gaya retro ini di Dealer Motor Yamaha terdekat di sekitar Anda.