Dealer Motor Yamaha bisa menjadi tempat terbaik ketik Anda ingin mendapatkan atau memiliki motor Yamaha yang berkualitas. Perawatan Penting Tips perawatan CVT adalah suatu keharusan bagi mereka yang menggunakan sepeda motor matic sebagai sepeda motor harian.

Hal ini dikarenakan sepeda motor matic biasanya menggunakan puli atau CVT (Continuously Variable Transmission) sebagai  penggerak rodanya. Jadi  ini juga merupakan bagian dari perawatan sepeda motor mobil.

CVT sendiri merupakan transmisi otomatis tanpa roda gigi. Tugasnya meneruskan sistem perputaran dari mesin ke roda belakang agar mesin bisa berjalan. Bagian-bagian mesin ini harus dirawat untuk mempertahankan kinerja optimal. Berikut beberapa tips mengenai CVT part motor matic Anda :

1. Cek V-belt pada CVT

V-belt merupakan bagian dari CVT yang berguna untuk mengalirkan tenaga mesin ke roda belakang. V-belt yang tidak dirawat dengan baik atau usang dapat rusak dan membahayakan keselamatan pengendara.

Cacat V-belt juga merusak komponen CVT. Ini karena jika V-belt putus secara internal, dapat melilit camshaft dan  merusak CVT. Roda depan, roller bisa rata dan jatuh.

V-belt terbuat dari karet dan benang poliester dan harus diganti jika  terlihat retakan pada sambungan. Oleh karena itu, kondisi V-belt harus diperiksa secara rutin, minimal setelah sepeda motor dikendarai sejauh kurang lebih 10.000 km.

2. Periksa Bagian Rolling CVT

Roller adalah bagian dari CVT yang berfungsi sebagai seal tekanan  pada outlet roller. Ini dapat mengubah diameter sabuk-V untuk memungkinkan roda  bergerak. Pada sepeda motor matic, roller  membantu mengatur putaran mesin dari rendah ke tinggi.

Memeliharanya dengan pemeriksaan rutin. Karena jika rusak bisa menimbulkan kebisingan. V-belt dan performa mesin juga kurang optimal akibat rolling damage.

3. Penggantian Oli Transmisi Secara Teratur

Oli transmisi atau oli poros mesin otomatis melumasi celah sempit transmisi CVT, membuatnya tahan terhadap suhu tinggi dengan daya pelumas. Untuk memastikan performa CVT yang  optimal,  Anda harus memindahkan transmisi secara berkala.

Perlu Anda ketahui bahwa kondisi pelumas girboks dapat mempengaruhi umur mesin CVT. Jika oli transmisi terlambat diganti, akan sangat kotor dan mengental. Akibatnya, bagian transmisi tenaga mesin bisa rusak.

4. Perawatan Kopling

Sepeda motor matic memiliki kopling ganda. Tugasnya mengarahkan tenaga mesin ke roda belakang. Saat lapisan saklar mulai aus, energi yang disalurkan kurang optimal. Pengecekan kampas kopling motor matic lebih mudah jika bongkar CVT.

Dengan demikian, secara kasat mata dapat Anda lihat apakah lapisan gesekan kopling perlu Anda ganti atau tidak. Mengganti part ini juga bisa berdasarkan jarak tempuh mesin, yakni 24.000 hingga 35.000 kilometer.

Ciri penutup kopling ganda otomatis sepeda motor ini yang wajib di pakai adalah munculnya gejala getaran pada saat pengoperasian sepeda motor. Efek lainnya adalah akselerasi awal terasa lebih sulit. Ganti suku cadang segera setelah aus.

Motor matic sendiri memiliki banyak peminat. Beberapa produsen sepeda motor telah merilis sepeda motor matic, termasuk Yamaha. Mesin otomatis adalah mesin otomatis yang tidak menggunakan transmisi manual. Mesin ini hanya memiliki satu dorongan.

Jika Anda ingin membeli sepeda motor matic, bebek, dan sport, Anda bisa membelinya di Dealer Motor Yamaha, Yamahamu. Kami membantu Anda melakukan pembelian dengan kredit atau tunai. Tentunya kami menawarkan kepada Anda syarat-syarat sederhana agar Anda dapat segera mengendarai sepeda motor impian Anda.