Bagi Anda yang memiliki sepeda motor manual, Anda harus memahami tips perawatan rantai sepeda dealer motor Yamaha yang benar. Hal ini karena motor manual memiliki penggerak  rantai. Anda harus tahu bahwa sistem penggerak sepeda motor tipe rantai ini adalah yang terbaik jika mencoba membadingkanya dengan sistem penggerak sepeda lainnya yaitu sabuk dan gandar.

Untuk rantai sepeda motor manual, ada metode dan trik perawatan khusus untuk menjaga mesin Anda tetap bekerja dengan baik. Berikut beberapa tips merawat rantai sepeda motor:

1. Melumasi Transmisi dan Rantai Sepeda Motor

Dealer Motor Yamaha

sumber: cnn

Manfaat mengoleskan pelumas pada rantai sepeda motor adalah menjaga rantai dan transmisi tetap basah. Hal ini karena rantai dapat rusak, berkarat dan putus dalam kondisi kering dan kotor. Hal ini tentu akan membahayakan keselamatan Anda saat berkendara.

Pelumas rantai khusus yang dapat Anda gunakan sebagai pelumas. Dalam keadaan darurat, Anda juga dapat menggunakan minyak goreng untuk melumasi rantai dan alat. Namun, pilihan  terbaik adalah cairan rantai khusus. Pelumas rantai mengandung zat kimia yang mencegah rantai cepat aus dan mencegah debu berlebih menempel.

2. Bersihkan Transmisi dan Rantai Secara Menyeluruh

Sepeda motor dan rantai dapat terkena debu yang menyebabkan  kotoran  menempel dan sulit untuk menghilangkanya. Itu sebabnya Anda harus membersihkannya dengan hati-hati. Jika tidak,  rantai dapat mengalami korosi dan aus seiring waktu.

Metode pembersihannya adalah dengan menggunakan sabun untuk menghilangkan kotoran dari gearbox. Setelah itu, rantai dan sproket harus Anda lumasi kembali.

Motor mesin itu sendiri adalah sebuah komponen kecil yang tugasnya untuk mengendalikan mesin. Dengan gearbox yang terawat dengan baik, mesin dapat memberikan kecepatan maksimum.

3. Perhatikan Posisi Persneling Motor Manual Anda

Dealer Motor Yamaha

sumber: kompas

Jika posisi gigi pada tempat yang tepat, sepeda motor masih nyaman.  Anda harus tahu bahwa setiap produsen sepeda motor menempatkan semacam tanda di ujung tautan atau tali sepeda. Fungsinya untuk memastikan bahwa roda motor terpasang  lurus. Alat di atas dapat berguna dengan mengendurkan baut roda belakang. Kemudian yang harus Anda lakukan adalah mengencangkan baut lagi.

4. Penggantian Roda Gigi secara Berkala atau Jika Terjadi Keausan

Bagaimana Anda mengetahui bahwa roda gigi dan rantai motor sudah aus dan perlu diganti? Perhatikan suara mesin transmisi Anda. Jika mengeluarkan suara, itu mungkin berarti roda gigi sudah aus dan perlu diganti.

Keistimewaan lainnya adalah  rantai sepeda motor mudah lepas meskipun telah dipasang beberapa kali. Roda gigi dan rantai sepeda motor harus dijaga untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan berkendara.

5. Sebaiknya Gunakan Perlengkapan Asli

Tidak semua aksesori yang dijual di pasaran adalah asli dan berkualitas tinggi. Jadi sebaiknya Anda pergi ke bengkel resmi sepeda motor Anda untuk mengganti gigi dan rantai asli. Ini harus Anda lakukan untuk membuat pemindah gigi dan rantai lebih tahan lama dan lebih aman. Jadi jangan terpaku pada harga, lihat kualitasnya.

Gear sendiri merupakan komponen sepeda motor yang bekerja sangat keras untuk mengendalikan sepeda motor. Jadi jangan remehkan komponen ini jika Anda tidak ingin ada masalah saat mengendarai sepeda motor Anda.

6. Jika hujan, Segera Cuci Peralatan

Dealer Motor Yamaha

sumber: palu tribun

Hujan dapat menyebabkan keausan yang cepat dan korosi pada transmisi dan rantai sepeda motor. Oleh karena itu, cucilah gear dan rantai segera setelah hujan. Gunakan air  bersih untuk mencegah karat. Metode perawatan ini cukup sederhana untuk pemindah gigi (derailleur) dan rantai.

Motor sendiri merupakan kendaraan yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Salah satunya adalah sepeda motor yang diproduksi oleh Yamaha. Jika Anda ingin membeli sepeda motor,  sebaiknya kunjungi Dealer motor Yamaha. Selain pembelian tunai, kami membantu Anda melakukan pembelian secara kredit dengan mudah dan dengan uang muka yang kecil.