Sebagian besar dealer motor Yamaha saat ini sudah memiliki lampu LED yang cukup terang jika membandingkan dengan lampu bohlam sebelumnya. Meski menggunakan LED, bukan berarti masalah tersebut hilang, karena beberapa sepeda motor memiliki lampu yang lemah.

Tentunya kita ingin tahu bagaimana membuat lampu terang sepeda motor terlihat seperti mobil, sehingga cahaya malam lebih jelas. Namun cobalah untuk menghindari lampu sepeda motor yang sangat terang karena dapat menyilaukan pengendara lain.

Bagaimana Membuat Lampu Sepeda Motor Terang seperti Mobil 

Dealer Motor Yamaha

sumber: motorplus

Bagaimana membuat lampu sepeda motor terang seperti mobil? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan yang cukup efektif dalam menghadapinya. Anda dapat membuatnya lebih pintar dengan menambahkan komponen atau mengganti lampu dengan performa yang lebih rendah. Sebenarnya, lampu motor yang terang seperti mobil tidak membutuhkan banyak uang, jadi Anda bisa beristirahat dengan tenang.

Selain itu, kecerahan lampu sepeda motor  juga dapat Anda ubah menjadi seperti mobil, sehingga menghemat biaya. Anda tidak perlu pergi ke bengkel karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sendiri. Lihat cara membuat lampu motor mengkilat mirip mobil di bawah ini.

1. Cara Mencerahkan Lampu Motor Dengan Dioda

Yang pertama adalah cara mencerahkan lampu motor  dengan dioda yang sesuai dengan jenis bola lampu. Dioda dapat Anda pasang pada bagian bawah lampu, yang berguna untuk  menyimpan tegangan listrik. Itu membuat lampu  lebih terang. Dalam sistem paralel, Anda dapat menghubungkan hingga 3 dioda dengan kapasitas 6 amp. Kemudian hubungkan lingkaran putih ke kontak dan kabel ke konektor.

Kemudian sambungkan dioda 1 amp, yang berfungsi untuk mematikan sensor. Setelah itu Anda dapat menghubungkan sakelar eksternal/internal yang dapat Anda nyalakan dan matikan secara manual. Namun bahayanya justru pada lampu motor Yamaha tersebut, yang bisa cepat rusak atau nyala apinya menjadi lebih kecil.

2. Mengganti ke Lampu LED

Dealer Motor Yamaha

sumber: otomotifnet

Kemudian lampu depan motor bisa terang seperti mobil berikut, dengan mengganti bohlam ke tipe LED. Kelebihan LED adalah nyalanya  jauh lebih terang agar sesuai dengan mobil. Maka masa pakai LED juga lama dan Anda bisa menghemat listrik. Namun saat menggantinya, pastikan cocok dengan  motor dan aki Anda. Jangan biarkan arus bertambah karena dapat menyebabkan korsleting baterai.

3. Pasang Relay

Selanjutnya cara membuat lampu motor anda terang seperti mobil, pasang relay. Dengan memasang relay, aliran listrik lebih merata. Selain mengurangi drag, Anda juga bisa memaksimalkan total energi listrik mesin. Oleh karena itu, arus listrik dan beban dapat dihubungkan langsung, yang meningkatkan daya.

4. Mengganti Kiprok

Kemudian Anda dapat membuat lampu sepeda motor seterang mobil berikutnya, ganti pelat tendangan. Dengan mengganti ke cemara baru, daya dapat diisi secara optimal. Usahakan juga menggunakan cemara yang tidak terlalu kuat agar lampu bisa bersinar terang. Jika cemara lemah, dapat menyebabkan baterai terkuras dan rusak.

 5. Memasang Fluks Cahaya Pada Aki

Cara membuat lampu sepeda motor terang seperti mobil depan adalah dengan memasang lampu langsung ke aki/aki. Jadi Anda hanya perlu menghubungkan baterai ke kabel lampu, maka lampu bisa lebih terang.

Jika RPM turun, ada risiko lampu akan redup lagi. Namun, jika terlalu tinggi, lampu bisa putus atau korsleting. Untuk keamanan, Anda dapat menyesuaikan jenis bohlam LED dengan daya baterai. Seperti halnya modifikasi motor balap sehari-hari, lampu yang terang memang menjadi salah satu faktor keamanan yang perlu diperhatikan.

Memang lebih aman kalau teknisi bengkel membuat lampu motor terang seperti yang ada di mobil di atas. Jika Anda ingin membeli sepeda motor,  sebaiknya kunjungi Dealer motor Yamaha. Selain pembelian tunai, kami membantu Anda melakukan pembelian secara kredit dengan mudah dan dengan uang muka yang kecil.