Dealer Motor Yamaha secara resmi telah mengungkap detail prototipe sepeda motor listriknya, Yamaha E01. Berdasarkan data tersebut diketahui bahwa E01 memiliki torsi yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dari torsi motor 250cc.

Yamaha belum secara resmi meluncurkan atau menjual Yamaha E01 di Indonesia. Pekan ini, berkesempatan menjajal motor listrik yang rasanya sangat mirip dengan Nmax dengan beberapa media nasional.

Berikut Spesifikasi Lengkap Yamaha E01 :

1. Futuristic Design

E01 menggabungkan konsep Justapose Design yang berpusat pada manusia dengan kesan modern dan murni. Konsep ini menggabungkan dua objek, subjek, bahan, dan warna untuk menciptakan gambar yang sangat kontras.

Bagian bodi sepeda motor dibalut warna putih mutiara, sedangkan bagian fungsional diberi warna hitam. Kulit dan logo Yamaha juga memiliki tema warna cyan atau “Yamaha Aqua”. Ini adalah kombinasi biru dan hijau racing ikonik Yamaha, yang mewakili warna alam.

2. Powerful Electric Scooter

Yamaha E01 dilengkapi dengan sumber tenaga baterai lithium-ion yang dapat menghasilkan daya maksimum sebesar 8,1 kW. Dengan tenaga tersebut, skuter elektrik ini mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 100 km/jam (tergantung kondisi jalan, bobot pengendara, dan gaya berkendara).

3. Driving Mode

Untuk mengakomodir karakteristik berkendara pengguna yang serba guna, E01 juga dilengkapi dengan tiga mode berkendara yaitu Power, Standard dan Eco. Power mode cocok untuk tanjakan yang membutuhkan tenaga dan akselerasi tinggi.

Kemudian Anda bisa berkendara dalam mode Standar di jalanan kota yang umumnya datar, sehingga bergerak tidak membutuhkan banyak tenaga. Dalam mode eco, disarankan untuk menggunakannya saat berkendara jarak jauh untuk menghemat konsumsi baterai.

4. EV Motor

Salah satu keunggulan kendaraan listrik E01 adalah motor listrik yang kencang. Mampu menghasilkan tenaga 8.1kW / 5000rpm dan torsi 30.2Nm / 1950rpm dalam mode power drive, yang membuat tarikan mesin tetap responsif saat melaju. Sedangkan pada mode Standar, tenaganya 8,1 kW/5000 rpm dan torsinya 24,5 Nm/1500 rpm. Kemudian tenaga yang dihasilkan pada mode Eco sebesar 5,4 kW/4500 rpm dan torsi sebesar 21,4 Nm/1500 rpm.

Skuter listrik E01 memiliki torsi maksimum yang lebih tinggi dari motor 250cc biasa. Sebagai perbandingan, Yamaha Xmax memiliki torsi maksimal 24,3 Nm pada 5.500 rpm, sedangkan Yamaha MT-25 memiliki torsi maksimal 23,6 Nm pada 10.000 rpm.

5. Lithium Ion Battery

E01 menggunakan baterai Li-Ion catu daya tetap yang dilengkapi dengan sistem manajemen baterai internal. Dengan kapasitas 4,9 kWh dan output 87,6 V / 56,3 Ah, E01 dapat menempuh jarak 104 km dengan baterai terisi penuh (berdasarkan pengujian internal pada kecepatan konstan 60 km/jam).

6. Reverse Mode

E01 juga memiliki fungsi mundur yang memudahkan pengguna parkir. Fungsi ini memungkinkan pengemudi untuk membalikkan kecepatan 1 km/jam. Untuk mengakses fitur ini, tekan dan tahan tombol “R” di sisi kiri setir hingga muncul tulisan “R” di layar mode setir, di ikuti dengan lampu oranye yang berkedip. Setelah itu, tekan dan tahan terus tombol “Mode” di setang kanan untuk memundurkan sepeda motor.

7. Regenerative Brake

Fitur hebat lainnya dari skuter listrik ini adalah rem regeneratif. Fungsi ini bekerja seperti engine brake pada kendaraan biasa (mesin pembakaran dalam), membuat proses deselerasi menjadi lebih mulus.

8. Y-Connect

E01 juga lengkap dengan fungsi Y-Connect serta kartu SIM bawaan. Dengan Y-Connect, pengguna dapat memperoleh informasi tentang waktu pengisian baterai, jarak tempuh baterai, konsumsi baterai, lokasi parkir, riwayat perjalanan terakhir, rute mengemudi, kecepatan rata-rata, ODO meter, dan notifikasi pengisian baterai dan kerusakan sepeda motor.

Jika Anda berniat ingin memiliki motor Yamaha ini maka bisa segera mendatangi Dealer Motor Yamaha.