Dealer Motor Yamaha bisa menjadi tempat terbaik ketik Anda ingin mendapatkan atau memiliki motor Yamaha yang berkualitas. Pemilik sepeda motor matic mungkin belum mengetahui apa itu oli gardan matic, yang tentunya tidak terdapat pada sepeda motor manual dengan sistem penggerak sepeda motor “rantai”. Oli jenis ini hanya terdapat pada sepeda motor matic, kecuali oli mesin.

Tugas dari oli tunggal ini adalah melindungi bagian transmisi yang  bergesekan satu sama lain di dalam bushing gardan. Dengan demikian, pengoperasian transmisi otomatis dapat berjalan lancar.

Apa Itu Oli Gardan pada Motor Matic

Seperti yang telah di sebutkan di atas, oli gardan merupakan pelumas yang di perlukan untuk sepeda motor matic. Seperti  oli motor, oli ponton di buat secara teratur. Oli gardan bertahan lebih lama dari oli mesin.

Oli gardan berperan penting sebagai pelumas komponen mesin matik sepeda motor agar mesin sepeda motor dapat bekerja dengan optimal. Jadi oli ini sering di sebut oli roda gigi. Pasalnya, oli gardan dapat memuluskan kinerja transmisi otomatis saat ada bagian yang bergesekan satu sama lain.

Efek Negatif Lupa Mengganti Oli Gardan

Kapan oli gardan harus di ganti? Oli roda gigi memiliki masa pakai lebih lama daripada oli mesin. Periode penggantian oli biasanya 1-3 saat mengganti oli mesin. Jadi saat oli mesin sudah 3 kali ganti, saatnya ganti oli gardan.

Penggantian oli ini juga bisa Anda lakukan saat jarak tempuh mesin 8000 km. Untuk penggantian oli ini harus Anda lakukan tepat waktu karena dapat berdampak negatif pada sepeda motor matic Anda dan merusak sepeda motor.

Salah satu bagian yang dapat rusak akibat penggantian oli gardan yang terlambat adalah rasio roda gigi. Tanda kerusakan pada part ini adalah adanya noise pada boks CVT. Pasalnya, viskositas oli mengalami penurunan sehingga terjadi  gesekan antar komponen. Oleh karena itu, di perlukan pelumasan yang optimal.

Tips Penggantian Oli Gardan

Prosedur perawatan sepeda motor matic dan manual memerlukan prosedur yang sedikit berbeda. Salah satunya adalah penggunaan oli gardan. Oli ini sangat di perlukan dan wajib ada pada sepeda motor matic. Jadi tahu persis cara ganti oli ini, yaitu:

Siapkan alat yang diperlukan => Alat yang dimaksud adalah kunci T 12 untuk membuka saluran pembuangan untuk mengeluarkan oli yang di ganti. Siapkan juga wadah yang akan Anda gunakan untuk menampung oli ponton bekas.

Pengisian Oli Bridge => Setelah menguras oli, segera kencangkan kembali baut OUT. Kemudian kendurkan baut IN untuk menambahkan oli poros baru ke reservoir transmisi otomatis mesin. Ganti oli dengan yang baru, tuangkan dengan  hati-hati. Setelah itu, tutup baut IN.

Gunakan panduan servis yang disertakan dengan sepeda motor. Ini memberi tahu Anda kapan saatnya mengganti oli gardan. Jadi belum terlambat untuk ganti oli itu. Biasanya petunjuk penggantian oli jembatan sudah ada di buku servis.

Penggantian oli ini juga bisa Anda lakukan di garasi atau sendiri. Jika sepeda motor Anda Yamaha, Anda bisa mengganti oli transaxle matic kesayangan Anda di bengkel resmi Yamaha Fortuna Motor di kota Anda.

Jika Anda membutuhkan motor Yamaha terbaru, Anda bisa mendapatkannya di Dealer Motor Yamaha, Yamahamu. Kami menawarkan kepada Anda kemudahan membeli sepeda motor Yamaha dengan uang tunai dan kartu kredit.

Kami menawarkan uang muka yang kecil dan pembayaran yang mudah untuk memudahkan Anda mendapatkan sepeda motor baru. Jadi lebih mudah untuk mencicil sepeda motor Anda saat Anda membeli dari kami secara pinjaman.