Memiliki motor yang ditunggu-tunggu memang sesuatu yang menyenangkan. Apalagi jika motor yang Anda miliki  dari pabrikan ternama seperti Dealer Motor Yamaha, semakin mewah. Untuk selalu bangga dengan motor Yamaha kesayangan Anda, tentunya Anda harus berusaha.

Salah satu upaya terpenting yang harus Anda lakukan untuk menjaga agar sepeda motor Yamaha favorit Anda tetap terlihat bagus adalah perawatan yang cermat. Sama seperti tubuh kita, sepeda motor perlu dirawat agar awet dan memberikan performa maksimal setiap saat.

Berikut adalah beberapa tips tentang cara merawat sepeda motor yamaha Anda dengan benar.

1. Ganti Oli Secara Berkala

Dealer Motor Yamaha

sumber: radar

Pertama, tips merawat motor yamaha yang benar adalah dengan mengganti oli secara rutin. Oli sangat penting untuk melumasi mesin agar performanya optimal. Jika mesin habis dan kering,  mesin tidak akan bekerja secara maksimal.

Selain fakta bahwa oli yang terkuras dan kering dapat merusak mesin. Oleh karena itu, gantilah oli ini secara rutin. Umumnya oli mesin ini harus diganti saat mesin sudah dipacu hingga 2000-3000 km.

2. Ganti Suku Cadang yang Aus dengan ORI

Beberapa suku cadang mesin aus seiring waktu atau rusak saat digunakan. Nah, di sini Anda memiliki mesin untuk waktu yang lama dan Anda melihat bahwa bagian-bagiannya sudah aus,  Anda harus segera menggantinya.

Karena suku cadang mesin yang aus yang tidak diganti dapat membuat mesin tidak  bekerja secara maksimal dan juga dapat membahayakan jiwa. Namun pastikan untuk mengganti suku cadang mesin yang aus tersebut, pastikan memilih suku cadang asli (ORI). Karena menggunakan suku cadang palsu sama buruknya dengan tidak mengganti komponen mesin yang aus.

3. Perawatan Berkala di Bengkel Resmi

Saran perawatan sepeda motor yamaha yang benar selanjutnya adalah dengan rutin mengunjungi bengkel resmi sepeda motor. Jika Anda merasa kurang mumpuni untuk perawatan,  Anda bisa datang ke bengkel resmi.  Anda benar-benar mendapatkan servis motor yang lebih lengkap dan profesional di bengkel resmi ini.

Maka dari sini semua kendala atau masalah yang berhubungan dengan sepeda motor akan teratasi dengan baik. Bahkan, jika Anda tidak menemukan masalah serius pada sepeda motor Anda, tetap perlu perawatan rutin di bengkel resmi. Pasalnya, seiring dengan penggunaan mesin, bukan tidak mungkin mesin mengalami masalah  yang tidak kita sadari.

4. Membersihkan Mesin Secara Menyeluruh

Dealer Motor Yamaha

sumber: gridoto

Selain mesin, rangka mesin juga perlu perawatan secara ruitn. Karena sepeda motor dengan rangka yang kotor atau tergores dapat membuat tampilan sepeda motor menjadi tidak sedap penampilanya. Jadi jika Anda menemukan sepeda motor yang kotor, segera bersihkan.

Selain itu, jika mesin kotor karena hujan, rangka harus segera dibersihkan untuk menghindari kerusakan pada rangka mesin. Mesin yang tidak  sering dibersihkan segera  setelah terkena hujan  dapat merusak rangka mesin, jadi berhati-hatilah.

5. Menggunakan Sepeda Motor dengan Baik dan Benar

Terakhir, tips merawat sepeda motor yamaha yang benar adalah penggunaan sepeda motor yang benar dan benar. Menggunakan atau menggunakan motor  yang salah dan tidak benar memang dapat menyebabkan kerusakan. Agar motor yamaha anda awet, Anda harus menggunakannya dengan baik.

Mengendarai sepeda motor yang baik adalah seperti mengendarai sepeda motor yang sudah Anda panaskan di pagi hari, atau mengendarai sepeda motor dengan throttle dan rem atau kopling yang tepat.

Ini adalah beberapa cara atau tips merawat motor yamaha Anda dengan baik. Untuk memastikan motor yamaha Anda selalu terawat dengan optimal, pastikan lokasi ini menjadi pilihan atau titik servis terbaik Anda. Namun jika Anda ingin mendapatkan motor Yamaha terbaik yang berkualitas maka bisa mendatangi Dealer Motor Yamaha terdekat.