Kenapa Aki Baru Tapi Soak

oleh | 29 Nov 2020 | Artikel/News

Kenapa aki baru tapi soak ? Tentu diantara kita pernah bertanya seperti itu, ketika sedang bermasalah dengan aki yang baru kita beli. Memang meyebalkan. Tetpai apakah memang karena akinya yang bermasalah, atau ada penyebab lain ? Ikuti ulasan di bawah ini, yang akan menambah referensi kamu tentang aki soak ini.

Aki Baru Tapi Soak

Aki Komponen Sangat Penting

Aki merupakan komponen penting pada motor. Sebagai sumber daya kelistrikan, aki juga bertugas untuk menyimpan daya kelistrikan. Tugas utama lainnya adalah mendistribusikan daya listrik itu ke berbagai komponen yang terkait dengan kelistrikan motor. Maka tidak berlebihan bila pada aki motor injeksi bisa dikatakan sebagai jantungnya motor itu sendiri.

Apalagi bila kita lihat motor-motor generasi terbaru. Motor-motor tersebut sangat mengandalkan kelistrikan dalam komponennya. Salah satu contohnya, motor sekarang lebih banyak menggunakan electric starter saja tanpa adanya kick starter. Dapat kamu bayangkan bila performa aki bermasalah. Tentu akan sangat merepotkan kita sebagai pengendara.

Namun, aki yang baru dibeli bisa saja mengalami kerusakan.  Hal ini bisa dikarenakan :

  • Tidak stabilnya besaran arus yang dialirkan dalam pengisian aki
  • Terganggunya komponen-komponen pengisian pada motor sehingga arus yang masuk tidak bisa dikontrol dengan baik. Terkadang arusnya berlebihan atau bahkan sangat kecil.

Aki Baru Tapi Soak

Aki Baru Tapi Soak

Sebelum kamu membuat kesimpulan bahwa kualitas aki yang baru kamu beli itu jelek lalu mudah soak, sebaiknya periksa terlebih dahulu arus listrik pengisian aki. Karena sering terjadi aki yang soak langsung diganti dengan yang baru. Padahal bisa jadi penyebab soaknya bukan karena akinya. Jadi periksa dulu kenormalan arus listriknya.

Penyebab aki baru tapi soak adalah :

  • Kiprok rusak

Listrik dari spull akan diatur dan diselaraskan oleh komponen yang namanya kiprok. Ketika kiprok ini bermasalah maka aki tidak dapat menyimpan listrik sebagaimana mestinya. Aki motor tertulis 5 ampere. Ketika dilakukan pengetesan arus listrik dari kiprok menunjukkan 10 ampere. Kalau ini yang terjadi berarti berarti ada masalah pada kiprok yang mengakibatkan adanya overcharge.

Aki Baru Tapi Soak

  • Spull

Sebenarnya komponen ini adalah komponen yang awet, bahkan jarang rusak. Kalaupun mengalami kerusakan, spull ini gosong atau putus. Bila rusak maka listriknya akan beraliran kecil.

  • Kabel lepas

Pada kiprok ada salah satu kabel yang berfungsi untuk kelebihan arus. Biasanya kabel ini berwarna hijau. Bila kabel yang terhubung ke bodi ini terlepas maka penyaluran kelebihan arus listrik tersebut tidak bisa berjalan normal.

Apabila tiga komponen tersebut masih berfungsi dengan baik, berarti memang akinya yang bermasalah dan tidak ada jalan lain selain harus dilakukan penggantian aki dengan aki yang baru.

 

BACA JUGA : Cara Agar Minyak Rem Belakang Vixion Tidak Cepat Habis

Tips Merawat Aki Agar Tidak Soak

  • Jangan memberi tambahan aksesoris berlebihan yang sebenarnya akan menambah beban dan menguras daya kelistrikan.
  • Bungkus atau lindungi sekeliling body aki dengan lapisan yang berbahan dasar karet. Ini dimaksudkan agar aki tidak terpapar langsung dengan panas mesin.
  • Periksa selalu ketinggian air dalam aki. Jangan sampai kurang.

Aki Baru Tapi Soak

Penggantian komponen apapun yang berkaitan dengan kelistrikan sebaiknya menggunakan produk asli dari Yamaha. Pastikan keaslian komponen yang kamu beli itu dengan melihatnya di sini. Apabila tidak sesuai dengan aslinya maka sangat dimungkinkan akan terjadi kerusakan-kerusakan karena ketidak sinkronan komponen tersebut. Bagaimanapun, komponen-komponen itu sudah dirancang dan didesain sedemikian rupa agar pengguna motor merasakan kenyamanan dalm berkendara.

 

Link

Alamat

Yamaha Mega Utama

Jl. KH.Moh.Mansyur No.41 RT.2/RW.2, Duri Sel.Tambora Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270 Indonesia

Phone: 021 – 63859999

Whatsapp: 081310393911